Mau Ekonomi Daerah Kuat, Pemda Harus Lakukan ini

Mau Ekonomi Daerah Kuat, Pemda Harus Lakukan ini
Industri. Foto: dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Industri pengolahan nonmigas terus diyakini mampu berkembang di luar sentra-sentra industri sebelumnya seperti Jakarta dan kota besar di Jawa. Pemerataan kawasan industri juga mendekatkan proses produksi ke sumber bahan baku dan menumbuhkan ekonomi daerah.

Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengungkapkan, kawasan industri adalah tempat pemusatan kegiatan Industri yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang.

”Adanya rencana kawasan industri yang terintegrasi pelabuhan laut berpotensi memperkuat industri nasional pada umumnya. Industri furnitur," kata Menteri Saleh, Sabtu (16/4).  

Dalam pengembangan industri di Indonesia, industri furnitur dan kerajinan merupakan salah satu industri prioritas yang didukung oleh sumber bahan baku berupa kayu, rotan maupun bambu dan melimpahnya ketersediaan tenaga kerja.

Daya saing industri furnitur dan kerajinan Indonesia di pasar global terletak pada sumber bahan baku alami yang melimpah dan berkelanjutan. Selain itu juga didukung keragaman corak dan desain berciri khas lokal serta ditunjang oleh SDM yang kompeten.

“Infrastruktur yang tengah dipacu pemerintah, seperti rencana kawasan industri dan pelabuhan ini bisa menumbuhkan industri manufaktur kita. Juga memecah konsentrasi industri dari Jakarta dan sekitarnya," ulas Saleh. (esy/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News