Minggu, 26 Mei 2019 – 02:52 WIB

Mau Kuliah, Jangan Salah Pilih Jurusan ya

Jumat, 02 Maret 2018 – 00:05 WIB
Mau Kuliah, Jangan Salah Pilih Jurusan ya - JPNN.COM

jpnn.com, MALANG - Para lulusan SLTA yang sedang bersiap masuk perguruan tinggi, diingatkan agar cermat memilih jurusan.

Lantaran, bila salah memilih jurusan, dampaknya bisa panjang. Seperti, mahasiswa jadi tak bergairah saat mengikuti perkuliahan.

Menurut Dosen Psikologi dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Maliki Malang Ahkmad Mukhlis, ada banyak hal yang membuat mahasiswa tidak bergairah mengikuti perkuliahan di kelas.

Salah satunya adalah salah jurusan. ”Terkadang orang tua memaksakan kehendaknya, sehingga anak tidak maksimal dalam belajar,” ucap Mukhlis, seperti diberitakan Radar Malang (Jawa Pos Group).

Selain itu, kurang bergairahnya suasana di kelas, menurut dia, juga karena kurang menariknya proses belajar mengajar. Biasanya, mahasiswa tidak tertarik karena mereka cenderung mencari nilai belaka.

”Ketika pandangan mahasiswa seperti itu, nilai justru akan menghambat perkembangan mereka, sekalipun di sisi lain nilai bisa menjadi motivasi untuk semangat belajar,” imbuhnya.

Masih menurut Akhmad, nilai hanyalah salah satu dari tujuan pembelajaran yang sifatnya eksternal.

Sebab, bisa saja membuat seorang mahasiswa mencoba mencapainya, tapi di sisi lain si mahasiswa kehilangan esensi dari proses belajar mengejar.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar