Mau Pinjam Pemain Persebaya? Ini Syaratnya

Mau Pinjam Pemain Persebaya? Ini Syaratnya
Para pemain Persebaya Surabaya berlatih dengan serius. Foto: Angger Bondan/Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Juara Liga 2 2017, Persebaya Surabaya menetapkan syarat-syarat khusus kepada klub yang ingin meminjam pemainnya. Salah satu syarat utama adalah sang pemain harus mendapat jaminan mendapat tempat utama di klub barunya nanti.

Manajer Persebaya Chairul Basalamah menjelaskan, klub yang ingin meminjam pemain Persebaya harus memenuhi klausul-klausul yang diberlakukan manajamen Persebaya. Klausul pertama adalah jaminan bermain di tim anyarnya nanti.

"Ada kewajiban untuk memainkan pemain tersebut. Karena tujuan dari peminjaman ini adalah menambah jam terbang si pemain. Mereka harus lebih banyak bermain sehingga kami bisa memantaunya," kata Chairul menjawab pertanyaan dari JawaPos.com.

Selain faktor jam terbang, aspek lain yang harus dipenuhi oleh klub peminjam pemain Persebaya adalah kelayakan tempat tinggal untuk pemain, serta jaminan kesehatan ketika sang pemain. Utamanya ketika mengalami cedera. Meski terkesan ribet, hal ini semata-mata untuk melindungi pemain Persebaya.

"Pemain itu terikat kontrak dengan Persebaya. Gajinya juga ikut kami. Jadi ketika mereka dipinjamkan, maka harus ada surat peminjaman dari klub peminjam dengan klausul-klausul tersebut," jabar Abud, sapaan akrab Chairul.

Menurut Abud, ada beberapa pemain yang memutuskan untuk tidak ikut program peminjaman. Manajemen Persebaya juga tak mau memaksa. Abud menegaskan bahwa keputusan akhir sepenuhnya ada di tangan pemain yang bersangkutan.

"Semua masih pikir-pikir. Karena mereka juga banyak tawaran. Rata-rata satu pemain bisa dua hingga tiga klub yang berminat terhadap mereka," terang Abud.

Dari 27 pemain yang memperkuat Persebaya musim lalu, sebanyak sepuluh nama masuk dalam daftar pinjam. Sepuluh pemain itu adalah Samuel Reimas, Rahmad Juliandri, Abdul Aziz, Kurniawan Karman, Mei Handoko Prastio, Nerius Alom, Thaufan Hidayat, Yogi Novrian, Said Mardjan dan Rangga Muslim.

Ada beberapa pemain Persebaya Surabaya yang memutuskan tidak ikut program peminjaman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News