Pilgub Jatim

Mau Sama Gus Ipul, Khofifah atau Bu Risma, Anas Paling Pas

Mau Sama Gus Ipul, Khofifah atau Bu Risma, Anas Paling Pas
Alvara Research Center merilis hasil survei pemilih jelang Pilgub Jatim. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Lembaga riset Alvara Research Center merilis tiga figur yang paling diinginkan warga Jawa Timur sebagai gubernur, dan tiga nama sebagai wakil gubernur. Nama-nama tersebut adalah Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, Khofifah Indar Parawansa dan Tri Rismaharini, serta Abdullah Azwar Anas, Budi Sulistyono dan Hasan Aminuddin.

Keenam nama itu muncul dari survei pemilih yang digelar Alvara Research Center jelang Pilgub Jatim 2018. "Masyarakat cenderung terkluster bahwa figur cagub hanya ada tiga, yaitu Gus Ipul, Bu Khofifah, dan Bu Risma. Sehingga nama-nama lain otomatis langsung terkluster di posisi cawagub yang melengkapi dan berpotensi memperkuat cagub,” kata Direktur Alvara, Hasanuddin, saat paparan hasil survei di Surabaya, Minggu (24/9).

Hasanuddin menjelaskan, tiga nama menjadi tiga figur utama cagub karena punya modal popularitas dan elektabilitas paling memadai dibandin figur lainnya, yaitu Wagub Jatim Saifullah Yusuf, Mensos Khofifah Indar Parawansa, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Gus Ipul mempunyai popularitas 90,2 persen, Khofifah 86,6 persen, dan Risma 73,9 persen. Nama-nama lain masih cukup jauh di bawah mereka, seperti Gubernur DKI Djarot Saiful 28,4 persen, mantan Ketua MK Mahfud MD 26,3 persen, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas 22,3 persen.

Jika Gus Ipul, Khofifah, dan Risma bertarung, Gus Ipul unggul dengan 37,2 persen, lalu Khofifah mendapatkan 31,8 persen, dan Risma 18 persen. Sedangkan yang belum menentukan pilihan 13 persen.

"Di luar tiga figur tersebut, sebenarnya ada nama-nama lain dalam pertanyaan terbuka maupun tertutup sebelum sampai tiga nama, tapi elektabilitasnya masih jauh di bawah. Yang paling mendekati ada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, tapi baru berkisar lima persen," ujar Hasanuddin.

Hasanuddin menambahkan, Alvara juga memetakan kandidat yang dinilai paling tepat menjadi calon wakil gubernur. Nama Azwar Anas di posisi teratas sebesar 41,7 persen, disusul Bupati Ngawi Budi Sulistyono 13 persen dan anggota DPR Hasan Aminuddin 10,8 persen. Nama-nama lain di bawah 10 persen.

Lalu survei menguji tingkat persetujuan terhadap nama pasangan cagub-cawagub. Diambil dari tiga sosok teratas yang dinilai paling tepat sebagai cawagub, diperoleh sejumlah temuan.

Tingkat persetujuan pemilih terhadap cawagub Azwar Anas sebesar 58-62 persen bila dipasangkan dengan cagub Gus Ipul, Khofifah, dan Risma. Cawagub Budi bila dipasangkan dengan ketiga figur cagub itu mendapat tingkat persetujuan 22-25 persen. Cawagub Hasan memperoleh persetujuan 35-39 persen jika dipasangkan dengan ketiga cagub tersebut.

Survei ini digelar 13-25 Agustus 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News