Mayjen Soedarmo: Perempuan Punya Minat Tinggi terhadap Politik

Mayjen Soedarmo: Perempuan Punya Minat Tinggi terhadap Politik
Dirjen Polpum Kemendagri Mayjen Soedarmo (berdiri) dan Direktur Politik Dalam Negeri Dr.Drs.Bahtiar, M.Si di acara pendidikan politik bagi perempuan di Surabaya, Selasa (15/8). Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Mayjen Soedarmo mengatakan, saat ini perempuan-perempuan di Indonesia memiliki minat yang tinggi terhadap politik.

“Oleh karena itu, perlu adanya Grand Design yang harus disiapkan sedini mungkin agar minat politik perempuan lebih siap untuk menjadi calon legislatif pusat dan daerah,” ujar Soedarmo saat membuka kegiatan pendidikan politik bagi perempuan yang diselenggarakan di Hotel Firefield by Marriot Surabaya, Jatim, Selasa 915/8).

Dikatakan, penyusunan desain besar pemberdayaan perempuan merupakan strategi yang tepat baik secara substansi, operasionalisasi, agar pada Pemilu Serentak Tahun 2019 nanti keterwakilan perempuan di legislatif mencapai 30 persen.

“Sesuai data bahwa jumlah kursi perempuan di DPRD Provinsi Jawa Timur pada hasil pemilu 2014 hanya 15 persen lebih sedikit daripada hasil pemilu 2009 yaitu 18 %, dan masih jauh dari harapan dalam pemenuhan 30 persen keterwakilan perempuan,” terang mantan pejabat di Badan Intelijen Negara (BIN) itu.

Dikatakan, keterlibatan perempuan pada agenda demokrasi pilkada serentak tahun 2018 serta pemilu serentak tahun 2019 diharapkan membawa perspektif baru dalam proses politik dan penentuan prioritas mengenai isu yang akan dibahas di lembaga perwakilan rakyat.

“Dinamika perjuangan perempuan di parlemen harus mampu merespon isu kritis yang berkembang di tengah masyarakat,” tambahnya.

Untuk itu, lanjutnya, perlu dukungan dari segenap elemen supra struktur politik, infra struktur politik dan sub struktur politik dalam mewujudkan 30 persen keterwakilan perempuan dalam kepengurusan parpol ditingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota maupun rekruitmen calon DPR, DPD dan DPRD.

Sementara, Direktur Politik Dalam Negeri Kemendagri, Dr. Drs. Bahtiar. M.Si, menjelaskan, pendidkan politik memiliki peran penting sebagai bagian dalam memperkuat konsolidasi demokrasi Indonesia.

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Mayjen Soedarmo mengatakan, saat ini perempuan-perempuan di Indonesia memiliki minat yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News