Mbah Rono: Tak Ada Kaitan Aktivitas Gunung Slamet dan Kelud

Mbah Rono: Tak Ada Kaitan Aktivitas Gunung Slamet dan Kelud
Mbah Rono: Tak Ada Kaitan Aktivitas Gunung Slamet dan Kelud

jpnn.com - JAKARTA - Aktivitas Gunung Slamet meningkat. Namun, menurut Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Surono aktivitas gunung yang terletak di Jawa Tengah itu dalam taraf normal.

Pria yang akrab disapa Mbah Rono mengatakan, tidak ada keterkaitan antara gunung api satu dengan lainnya. "Aktivitas Gunung Slamet tidak ada kaitannya dengan Gunung Kelud maupun Gunung Sinabung. Aktivitas gunung api tidak seperti flu yang bisa menular," tuturnya.

Karena itu dia meminta media massa tidak perlu mengaitkan aktivitas gunung api satu dengan yang lain yang bisa menimbulkan kecemasan di masyarakat.

Dia juga sempat menyatakan kekecewaannya terhadap pemberitaan media terhadap gunung api, termasuk tentang Gunung Slamet, yang cenderung mengheboh-hebohkan dan berpotensi meresahkan masyarakat.

Kata dia, catatan aktivitas Gunung Slamet menunjukkan tidak ada yang perlu dikhawatirkan terhadap gunung api tersebut. Selama ini, aktivitas gunung tersebut relatif kecil karena hanya mengeluarkan material asap dan abu tanpa ada peningkatan panas atau lava.

Bahkan, menurutnya, aktivitas Gunung Slamet masih di bawah Gunung Merapi yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada Selasa (11/3) pagi, Pos Pengamatan Gunung Slamet melaporkan aktivitas gunung tersebut sudah mereda ditandai dengan munculnya asap putih. Saat Senin (10/3) malam, gunung tersebut mengeluarkan asap hitam. (ant/rr/mas)

 


JAKARTA - Aktivitas Gunung Slamet meningkat. Namun, menurut Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Surono aktivitas gunung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News