Mbah Rono Anggap Aktivitas Gunung Slamet Normal

Mbah Rono Anggap Aktivitas Gunung Slamet Normal
Mbah Rono Anggap Aktivitas Gunung Slamet Normal

jpnn.com - JAKARTA - Aktivitas Gunung Slamet akhir-akhir ini mencemaskan warga yang tinggal di sekitarnya. Meski beberapa kali mengeluarkan material dan asap, Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Surono mengatakan aktivitas itu merupakan hal yang biasa sebagai gunung api. Dia pun meminta sehingga masyarakat tidak panik.

"Itu aktivitas yang normal," kata pria yang akrab disapa Mbah Rono itu. Kata dia, aktivitas gunung yang terletak di Jateng itu relatif kecil. 

Kata dia, aktivitas itu hanya sebatas mengeluarkan asap dan meterial saja tanpa ada peningkatan panas atau lava.   

Catatan aktivitas Gunung Slamet masih di bawah Gunung Merapi yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkatkan status Gunung Slamet, yang berada di wilayah Pemalang, Banyumas, Brebes, Tegal dan Purbalingga, dari level I atau normal menjadi level II atau waspada pada Senin (10/3) pukul 21.00 WIB. (ant/mas)

JAKARTA - Aktivitas Gunung Slamet akhir-akhir ini mencemaskan warga yang tinggal di sekitarnya. Meski beberapa kali mengeluarkan material dan asap,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News