Mbak Gladis Beraksi, Ratusan Emak-Emak Tertipu, Kerugian Capai Miliaran Rupiah

Mbak Gladis Beraksi, Ratusan Emak-Emak Tertipu, Kerugian Capai Miliaran Rupiah
Ramah Gladis Meychindi, saat diamankan di Polda Sumsel setelah dilaporkan kasus penipuan investasi bodong. Foto: edho/sumeks.co

jpnn.com, PALEMBANG - Ratusan emak-emak di Palembang, Sumsel, tertipu investasi bodong jenis makanan seperti pempek dos cabe, seafood dan galery gladis.

Modusnya, pelaku bernama Ramah Gladis Meychindi ini menawarkan keuntungan sebanyak 20 persen dari setiap modal yang diberikan oleh korban.

Awalnya, bisnis yang dijalankan sejak Maret 2020 sampai November 2021 oleh terlapor berjalan lancar. Namun, sejak akhir November 2021 tersendat dan pelaku kabur ke Jawa.

Selain pempek dos, ada juga bisnis selain makanan yang dijalankan oleh pelaku. Total sekitar Rp 1,2 miliar yang diraup pelaku dari sekitar 100 orang member.

Karena keberadaan pelaku tidak diketahui, korban kemudian melaporkan kasus penipuan tersebut ke SPKT Polda Sumsel pada Maret 2022 lalu.

Akhirnya terlapor Radah Gladis warga Jalan KH Azhari, Lr Kedemangan, Kelurahan 7 Ulu, Kecamatan SU I, Palembang, diamankan Unit 4 Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum, setelah sempat bersembunyi di Jakarta.

“Kami amankan saat pelaku kembali ke Palembang," ujar

Pelaku ini dilaporkan oleh salah satu korban yang yang menginvestasikan uang senilai Rp 512 juta dengan bunga yang dijanjikan sebesar 20 persen dari modal.

Ratusan emak-emak di Palembang, Sumsel, tertipu investasi bodong jenis makanan seperti pempek dos cabe, seafood dan galery gladis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News