Mbak Puan Minta Pemerintah Turunkan Tarif Tes Usap

Selasa, 29 September 2020 – 20:08 WIB
Mbak Puan Minta Pemerintah Turunkan Tarif Tes Usap - JPNN.com
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah mengendalikan tarif tes usap atau swab test sebagai salah satu langkah pengendalian dan penanganan penyebaran Covid-19.

Perempuan pertama yang menjadi ketua DPR itu meyakini jumlah masyarakat yang melakukan tes usap mandiri akan meningkat bila harganya lebih terjangkau.

“Mengimbau pada pemerintah agar pelaksanaan swab test harganya bisa diturunkan. Ada standarisasi harga, walau disesuaikan dengan tempat atau provinsi, kabupaten tertentu,"kata Mbak Puan, Selasa (29/9).

Ketua DPP PDI Perjuangan itu menyebutkan, jika tarif tes usap lebih terjangkau, maka kesadaran masyarakat untuk memeriksakan dirinya akan meningkat.

Dengan begitu, upaya pengendalian penyebaran Covid-19 dapat dilakukan dengan hasil yang lebih baik. Apalagi pelaksanaan tes usap mulai dilakukan secara massal.

“Kalau nanti harganya diturunkan itu bisa membuat masyarakat punya kesadaran untuk tes mandiri. Itu akan lebih baik,” jelasnya.

Puan menegaskan, penanganan pandemi Covid-19 harus dilakukan secara menyeluruh dengan koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah.

Kesadaran masyarakat juga harus terus ditingkatkan dalam memutus mata rantai Covid-19, khususnya dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan; mengenakan masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...