Orasi Ilmiah, Puan Maharani Bicara SDM Indonesia Berkarakter dan Tangguh

Orasi Ilmiah, Puan Maharani Bicara SDM Indonesia Berkarakter dan Tangguh
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan sumber daya manusia (SDM) yang berkarakter dan tangguh adalah kunci bagi Indonesia untuk dapat melalui berbagai tantangan.

Pembentukan SDM berkarakter dan tangguh itu harus didukung pendidikan yang diarahkan membentuk SDM berakhlak mulia, berbudaya Indonesia, toleran, bergotong royong, cinta Tanah Air, dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Tantangan seberat apa pun akan dapat kita atasi, asalkan SDM Indonesia kita berkarakter dan tangguh," kata Puan saat menyampaikan orasi ilmiah dalam Sidang Terbuka Senat Peringatan Dies Natalis ke-58 Universitas Udayana (UNUD), Selasa (29/9).

“Pendidikan merupakan investasi jangka panjang, sebagai fondasi pembentukan manusia dan kebudayaan Indonesia, penguatan kemampuan membangun kemajuan serta jalan mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia,” sambungnya.

Dalam acara yang mengambil tema: ‘SDM UNUD Unggul, Mandiri, dan Berbudaya dalam Tatanan Kehidupan Baru’ tersebut, Puan menyampaikan bahwa bangsa Indonesia sudah mencapai berbagai kemajuan dan juga menghadapi tantangan-tantangan baru.

Sebagai contoh, tantangan pandemi Covid-19 saat ini berdampak pada aspek kesehatan dan seluruh aktivitas masyarakat di bidang sosial, ekonomi, budaya, dan keagamaan.

“Pandemi Covid-19 benar-benar sedang menguji ketahanan nasional Indonesia dalam berbagai sektor,” ujar perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI tersebut.

Dia menyebutkan, sebelum adanya pandemi, Indonesia sudah dihadapkan dengan sejumlah ‘pekerjaan rumah’ untuk mempercepat terwujudnya kemajuan bangsa dan negara ini.

Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan orasi ilmiah dalam Sidang Senat Terbuka Peringatan Dies Natalis ke-58 UNUD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News