Mbak Rerie Dorong Anak Bangsa Kembangkan Budaya Lokal lewat Literasi

Mbak Rerie Dorong Anak Bangsa Kembangkan Budaya Lokal lewat Literasi
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat berharap budaya lokal terus dikembangkan oleh generasi muda bangsa. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyatakan, membangun kebanggaan terhadap kearifan lokal merupakan salah satu langkah penting untuk melestarikan budaya nasional di era globalisasi.

"Sejumlah upaya penting dilakukan untuk terus membangun rasa bangga anak bangsa terhadap budaya nasional lewat peningkatan literasi dan nilai-nilai kearifan lokal," kata Lestari, Rabu (15/6).

Hal tersebut dikatakannya dalam rangka Hari Purbakala Nasional yang diperingati setiap 14 Juni.

Menurut Lestari, kepedulian anak bangsa terhadap kebudayaan, terutama budaya lokal, yang bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kebanggaan kita terhadap tanah air dan nilai-nilai budaya yang kita miliki.

Rerie, sapaan akrab Lestari, berharap masyarakat dan para pemangku kepentingan mengupayakan terbangunnya semangat anak bangsa untuk melestarikan budaya nasional.

Berdasarkan sensus Badan Pusat Statistik (BPS) 2020, jumlah generasi Z mencapai 75,49 juta jiwa (27,94 persen).

Sementara itu, jumlah generasi milenial mencapai 69,90 juta jiwa (25,87 persen) dari populasi penduduk.

Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2019-2020, pengguna internet di Indonesia didominasi kelompok usia 15-19 tahun (91 persen).

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendorong anak bangsa mengembangkan budaya lokal lewat literasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News