Mbak Rerie Dorong Generasi Muda Tingkatkan Literasi Digital untuk Hadapi Era Globalisasi

Mbak Rerie Dorong Generasi Muda Tingkatkan Literasi Digital untuk Hadapi Era Globalisasi
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat atau Mbak Rerie. (Dok. Pribadi)

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mendorong generasi muda untuk meningkatkan literasi digital di tengah cepatnya perkembangan teknologi informasi di era globalisasi saat ini.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Lestari Moerdijat dalam acara Temu Tokoh MPR RI di depan para mahasiswa dan civitas academica Universitas Muria Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Kamis (23/11).

"Generasi muda merupakan kelompok yang mampu berpikir kritis, memiliki wawasan, pengetahuan, keterampilan serta nilai-nilai yang dapat menjadi dasar untuk mengontrol dampak berbagai perubahan yang terjadi saat ini," kata Lestari.

Catatan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada Mei 2023, menyimpulkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 215 juta jiwa, atau naik sebesar 1,17 persen jika dibandingkan dengan 2022.

Berdasarkan usia pengguna, internet paling banyak digunakan masyarakat berusia 13-18 tahun, yakni mencapai 98,2 persen.

Berdasarkan catatan tersebut, dia berpendapat, wajar bila harapan besar ditujukan kepada generasi muda untuk mampu mengendalikan diri menghadapi dampak hadirnya teknologi informasi.

"Diperlukan literasi digital yang memadai bagi generasi muda untuk mengimbangi perkembangan teknologi informasi di era globalisasi," tuturnya.

Bahkan sejak 2018, tambah Rerie, sapaan akrab Lestari, International Conference on Education and Technology, sudah mengajak pelajar dan mahasiswa untuk menyikapi perkembangan teknologi informasi dengan meningkatkan literasi digital.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mendorong generasi muda untuk meningkatkan literasi digital di tengah cepatnya perkembangan teknologi informasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News