Lestari Moerdijat Minta Anggaran Pendidikan Harus Ditingkatkan, Ini Alasannya

Lestari Moerdijat Minta Anggaran Pendidikan Harus Ditingkatkan, Ini Alasannya
Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat mendorong upaya meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) nasional harus konsisten dilakukan. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat mendorong upaya meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) nasional harus konsisten dilakukan.

Langkah itu mereka lakukan demi mewujudkan pembangunan yang lebih baik dan merata.

"Pembangunan SDM nasional yang berkualitas harus menjadi perhatian bersama demi mewujudkan pembangunan yang lebih baik dan merata," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/11).

Berdasarkan hasil riset International Institute for Management Development (IMD) World Talent Ranking (WTR) 2023, daya saing SDM Indonesia 2023 naik 4 peringkat dari 51 ke 47, dari 64 negara di dunia.

Meski begitu, riset tersebut menyoroti cara belajar pada pendidikan dasar di Indonesia yang dinilai kurang inovatif untuk meningkatkan kualitas SDM.

Menurut Lestari, catatan berdasarkan riset tersebut harus menjadi bahan untuk melakukan perbaikan dalam upaya terus memperbaiki kualitas SDM dan meningkatkan daya saing anak bangsa.

Wanita yang akrab disapa Rerie itu menilai upaya peningkatan pembelajaran yang inovatif di tingkat pendidikan dasar membutuhkan dukungan dari para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah.

"Saya berpendapat bentuk dukungan tersebut bisa dimulai dengan meningkatkan alokasi anggaran pendidikan yang mampu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di institusi pendidikan," tegas Anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu.

Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat mendorong upaya meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) nasional harus konsisten dilakukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News