Lestari Moerdijat: Perbaikan Kualitas Demokrasi Harus Konsisten Demi Rakyat

Lestari Moerdijat: Perbaikan Kualitas Demokrasi Harus Konsisten Demi Rakyat
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR

jpnn.com, SEMARANG - Perbaikan kualitas demokrasi harus konsisten dilakukan demi terwujudnya proses pembangunan yang berkeadilan dan menghasilkan kemakmuran yang merata bagi seluruh rakyat.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat memberikan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (18/11).

"Kegaduhan yang terjadi menjelang kontestasi pada tahun politik mendatang harus disikapi dengan bijaksana melalui pelaksanaan kehidupan berbangsa yang lebih demokratis dan berkeadilan," kata Lestari Moerdijat di depan jajaran Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Jawa Tengah dan Garda Pemuda NasDem serta komunitas pemuda di Jawa Tengah.

Menurut Lestari, semua pihak, termasuk para pemangku kebijakan di tingkat pusat dan daerah harus benar-benar mengedepankan upaya agar penyelenggaraan pemilu bisa berjalan dengan sejuk dan damai, sehingga bisa melahirkan pemimpin yang mampu menjawab tantangan bangsa saat ini dan di masa datang.

Diakui Rerie, sapaan akrab Lestari, Pemilu 2024 akan menjadi yang terbesar dalam sejarah Indonesia karena diperkirakan 200 juta orang lebih ikut pesta demokrasi itu.

Sehingga, ujar Rerie, peran masyarakat dan partai politik juga sangat penting dalam mewujudkan proses kontestasi yang berlangsung jujur dan adil.

Pada situasi itu, jelas Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu, setiap anak bangsa harus mampu mengamalkan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam empat konsensus bangsa yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang merupakan warisan pendiri negeri.

Mengedepankan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi atau golongan, ujar Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, adalah salah satu nilai kebangsaan yang penting.

Perbaikan kualitas demokrasi harus konsisten dilakukan demi terwujudnya proses pembangunan yang berkeadilan dan menghasilkan kemakmuran yang merata bagi seluruh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News