Mbak Rerie Minta Efektivitas Pencegahan DBD Ditingkatkan

Mbak Rerie Minta Efektivitas Pencegahan DBD Ditingkatkan
Arsipf foto - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat berbicara dalam acara workshop kewirausahaan mahasiswa di Aula Fakultas Kedokteran, Universitas Wahid Hasyim, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (25/11/2023). ANTARA/HO-MPR RI

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat atau Mbak Rerie, mengingatkan supaya efektivitas pencegahan demam berdarah dengue (DBD), seperti menguras, mengubur, dan menutup (3M) harus ditingkatkan.

Dia menegaskan tren peningkatan kasus DBD dan jumlah orang yang meninggal harus segera diatasi dengan langkah yang efektif.

"Gerakan preventif harus benar-benar diterapkan dengan tepat sasaran," kata Mbak Rerie dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (6/5).

Politikus Partai NasDem itu mengatakan sejumlah upaya untuk mewujudkan sebuah gerakan pencegahan DBD harus masif dilakukan.

Terlebih, lanjut dia, faktor geografis Indonesia yang dipengaruhi perubahan cuaca dan iklim tropis, menjadi tempat berkembang biak nyamuk pembawa virus demam berdarah, aedes aegypti.

"Terjadinya perubahan iklim dan cuaca yang berpotensi meningkatkan populasi nyamuk aedes aegypti harus diimbangi dengan upaya pencegahan yang lebih masif dan terukur dengan melibatkan aparat dan masyarakat," ujarnya.

Mbak Rerie pun mendorong para pemangku kepentingan di tingkat pusat maupun daerah agar berperan aktif dalam upaya pencegahan DBD di tanah air.

Dengan demikian, tambah dia, jumlah kasus DBD di Indonesia dapat ditekan dan berkurang dari tahun ke tahun.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat atau Mbak Rerie meminta efektivitas pencegahan DBD ditingkatkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News