Mbak Rerie: Peningkatan Kegiatan Ekonomi Harus Diikuti Langkah Nyata Pencegahan Covid-19

Mbak Rerie: Peningkatan Kegiatan Ekonomi Harus Diikuti Langkah Nyata Pencegahan Covid-19
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan penegasan dari pemerintah agar masyarakat tetap berhati-hati dalam menjalankan kegiatan ekonomi, harus diikuti dengan langkah nyata upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kondisi ekonomi nasional saat ini memang memerlukan dorongan kegiatan ekonomi agar kita bisa lepas dari jeratan resesi. Konsekuensi dari kebijakan itu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 pun harus ditingkatkan," kata Lestari dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/11).

Pimpinan MPR yang beken disapa dengan panggilan Mbak Rerie ini menyebutkan, hal terpenting dalam peningkatan kegiatan ekonomi di masa pandemi adalah terlebih dulu meningkatkan upaya pencegahan Covid-19 di tengah masyarakat.

Penerapan protokol kesehatan Covid-19, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak, harus masuk dalam rangkaian kegiatan ekonomi yang akan diakselerasi.

Rerie mengungkapkan, Pemerintah telah mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2020 akan minus sekitar 3 persen, setelah pada kuartal II juga minus 5,32 persen.

Kondisi ekonomi tersebut, menurut Legislator Partai NasDem ini, memang memerlukan dorongan kegiatan ekonomi yang siginifikan.

Di sisi lain, tren penularan dan kesembuhan pasien Covid-19 saat ini menunjukkan perkembangan positif dalam sebulan terakhir. Bila pekan lalu tingkat kesembuhannya 80,51 persen, pekan ini tercatat 82,84 persen.

Namun, Rerie mengingatkan bahwa yang terpenting dalam upaya penanggulangan Covid-19 saat ini jangan terlena dan jangan sampai kendor.

Dalam upaya penanggulangan Covid-19, pemerintah tidak boleh terlena dan jangan sampai kendor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News