Mbak Rerie: Percepatan Vaksinasi Harus Menjadi Gerakan Bersama

Mbak Rerie: Percepatan Vaksinasi Harus Menjadi Gerakan Bersama
Vaksinasi COVID-19 untuk usia 12-17 tahun di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (3/7). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyatakan bahwa peringatan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada menteri dan kepala daerah dalam rapat terbatas evaluasi PPKM Darurat, hendaknya menjadi perhatian semua pihak dalam mempercepat proses vaksinasi Covid-19.

"Peringatan itu hendaknya ditindaklanjuti dengan langkah-langkah nyata, terutama meningkatkan koordinasi dan komunikasi lintas sektor serta komunikasi yang intens dari pusat hingga ke desa-desa," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (18/7).

Menurut Mbak Rerie -panggilan Lestari, percepatan vaksinasi Covid-19 hendaknya tidak hanya menjadi perhatian presiden, para menteri dan kepala daerah saja, tetapi harus menjadi gerakan bersama yang mendapat dukungan penuh dari segenap kekuatan sosial politik di negeri ini.

"Vaksinasi merupakan cara satu-satunya untuk mengakhiri pandemi. Kita semua berkepentingan untuk mempercepat proses vaksinasi agar segera terbentuk kekebalan kelompok (herd immunity)," ucapnya.

Tanpa akselerasi vaksinasi secara signifikan, kata anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, setidaknya dibutuhkan waktu dua tahun untuk mencapai target vaksinasi terhadap 70 persen atau sekitar 181,5 juta jiwa penduduk Indonesia.

"Itu berarti membutuhkan sekitar satu setengah tahun lagi baru terbentuk kekebalan kelompok, karena selama enam bulan pertama proses vaksinasi baru mencapai kurang lebih 50 juta suntikan," ujar Rerie.

Berdasarkan data yang dirilis Kementerian Kesehatan, proses vaksinasi hingga Sabtu (17/7) telah menjangkau 41.268.627 orang yang mendapatkan suntikan pertama atau sekitar 19,82 persen. Adapun 16.217.855 orang telah mendapatkan suntikan kedua atau baru sekitar 7,79 persen dari target 70 persen penduduk.

Oleh karena itu, Rerie menyebut berbagai upaya percepatan vaksinasi harus mendapatkan dukungan dan partisipasi aktif dari segenap lapisan masyarakat agar berlangsung cepat dan lancar, terutama di wilayah-wilayah zona merah dan orange.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyatakan peringatan dari Presiden Jokowi mestinya disikapi dengan langkah nyata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News