MBS: Pembunuhan Khashoggi Melukai Hati Warga Saudi

MBS: Pembunuhan Khashoggi Melukai Hati Warga Saudi
Pangeran Muhammad bin Salman di Future Investment Initiative. Foto: IFF

jpnn.com, RIYADH - Dalam situasi terpojok karena kasus Jamal Khashoggi, Arab Saudi tetap menggelar forum bisnis Future Investment Initiative (FII). Kemarin, Rabu (24/10), Pangeran Muhammad bin Salman (MBS) berpidato dalam forum tersebut.

Meski di forum ekonomi, MBS sempat menyinggung pembunuhan Khashoggi. Ini merupakan pidato pertamanya sejak pembunuhan Khashoggi mencuri perhatian dunia.

''Ini adalah kejahatan keji yang tidak bisa dibiarkan. Pembunuhan ini melukai hati seluruh warga Saudi dan juga masyarakat dunia,'' ujarnya sebagaimana dikutip Washington Post.

Dia lantas berjanji akan menuntaskan investigasi dan menyeret para pelakunya ke pengadilan.

Seperti diketahui, MBS diduga kuat adalah otak di balik pembunuhan Khashoggi. Pasalnya, para pelaku adalah anggota pasukan khusus di bawah kendali sang putra mahkota.

Menguatnya bukti terhadap MBS membuat sejumlah sekutu Saudi berhitung ulang soal hubungan mereka dengan Negeri Petrodolar tersebut. Sebab, jika benar MBS menjadi pelakunya, mereka harus menjatuhkan sanksi.

Menlu Swiss Ignazio Cassis menegaskan, pembunuhan itu jelas merupakan pelanggaran HAM. Mereka tengah meninjau kembali hubungan Swiss dengan Saudi.

Hal senada dilakukan Jerman. Saudi membeli senjata dari Jerman. Pembelian itu telah disetujui jauh hari sebelum kematian Khashoggi, tapi senjatanya belum dikirim.

Pangeran Muhammad bin Salman (MBS) menyinggung pembunuhan Jamal Khashoggi saat berbicara di forum Future Investment Initiative (FII)

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News