Medco Pasok Gas Transportasi Jakarta

Medco Pasok Gas Transportasi Jakarta
Medco Pasok Gas Transportasi Jakarta
JAKARTA - PT Medco E&P Indonesia menegaskan kesiapannya memasok gas bumi untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar gas buat transportasi di Jakarta. Dirut Medco E&P Indonesia Budi Basuki mengatakan, gas akan diambil dari Lapangan South Sumatra Extension di Sumatera Selatan. Gas itu selanjutnya akan dibawa melalui pipa ke Jakarta.

"Medco berkomitmen menyediakan gas sebagai bahan bakar transportasi yang lebih murah dan ramah lingkungan dibandingkan bahan bakar minyak," kata Budi Basuki di Jakarta, akhir pekan lalu. Menurutnya, pemanfaatan gas transportasi juga sejalan dengan rencana pemerintah mengatur pemakaian bahan bakar minyak bersubsidi sebagai upaya penghematan anggaran negara.

Sesuai Peraturan Menteri ESDM No 19/2010 tertanggal 13 Desember 2010, terdapat sembilan lokasi yang siap mendapat alokasi gas bumi buat BBG sampai tahun 2015. Kesembilan lokasi itu adalah Jakarta dengan potensi alokasi gas bumi antara 2010-2015 sebesar 71 MMSCFD, Surabaya 25,9 MMSCFD, Gresik 2,5 MMSCFD, Palembang 12,01 MMSCFD, Bekasi satu MMSCFD, Medan 17,2 MMSCFD, Semarang 5,48 MMSCFD, Cilegon 2,5 MMSCFD, dan Sengkang 0,8 MMSCFD.

Peraturan tersebut mewajibkan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) mengalokasikan 40 persen dari kewajiban pasok ke dalam negeri (domestic market obligation/DMO) buat memenuhi kebutuhan BBG transportasi. Peraturan juga mewajibkan badan usaha hilir mengalokasikan 25 persen dari total gas bumi yang diniagakan buat BBG transportasi.

JAKARTA - PT Medco E&P Indonesia menegaskan kesiapannya memasok gas bumi untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar gas buat transportasi di Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News