Media Asing Sebut Jokowi Lebih Cenderung Dukung Prabowo pada Pilpres 2024

Media Asing Sebut Jokowi Lebih Cenderung Dukung Prabowo pada Pilpres 2024
Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: Dok. Humas Prabowo Subianto

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut memiliki kecenderungan mendukung Prabowo Subianto dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ketimbang Ganjar Pranowo.

Hal tersebut terungkap dalam sebuah artikel surat kabar Singapura, The Straits Times berjudul “Jokowi leaning towards endorsing populist party chairman for Indonesia president: Analysts” yang diterbitkan pada Senin (26/6).

Artikel tersebut menyebut Jokowi akan lebih aman jika memihak kepada Prabowo daripada Ganjar lantaran perbedaan posisi keduanya dalam partai masing-masing.

Prabowo merupakan sosok ketua umum (Ketum) Gerindra, sementara Ganjar merupakan personel PDIP.

“Prabowo bukan hanya calon presiden, tetapi juga ketua partai. Wajar jika Jokowi lebih nyaman memberikan dukungan untuk Prabowo. Ganjar hanya pejabat partai. Jika ingin komitmen – sebagai imbalan atas bantuan yang diberikan – maka harus berbicara dengan Megawati,” ungkap analis politik yang sekaligus peneliti di Harvard Kennedy School, Djayadi Hanan yang dikutip dari The Straits Times.

Dengan posisi tersebut maka Prabowo dinilai memiliki komitmen penuh untuk mendukung karier politik keluarga Jokowi.

Mulai dari putra sulung Jokowi yang juga wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka; putra bungsunya, Kaesang Pangarep; hingga wali kota Medan yang juga menantunya, Bobby Nasution.

“Jokowi tidak mungkin menerima dukungan seperti itu dari PDIP karena ia dianggap sebagai pejabat partai yang tidak pernah dijanjikan atau ditawari posisi tinggi di dalam PDIP,” tulis The Straits Times.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut memiliki kecenderungan mendukung Prabowo Subianto dalam kontestasi Pilpres 2024 ketimbang Ganjar Pranowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News