Media Sosial Pengaruhi Remaja untuk Merokok dan Mabuk

Media Sosial Pengaruhi Remaja untuk Merokok dan Mabuk
Media Sosial Pengaruhi Remaja untuk Merokok dan Mabuk

jpnn.com - BAIK di dunia maya maupun di dunia nyata, teman memang akan memiliki dampak sendiri bagi anak. Dampaknya bisa positif maupun negatif, tergantung seperti apa teman mereka dan bagaimana mereka menanggapi pergaulan.

Namun yang namanya remaja, sering kali mereka salah mengartikan yang baik adalah yang keren. Ya, rokok dan minuman beralkohol sering dirasakan para remaja sebagai hal yang keren, dan hal inilah yang banyak dicoba oleh para remaja.

Terlepas dari pergaulan dunia nyata, pergaulan dunia maya seperti Facebook juga ternyata memberikan dampak yang sama buruknya. Studi menemukan bahwa remaja dapat terpengaruh dengan foto temannya di jejaring sosial. Menggunakan Facebook dan MySpace bisa membuat remaja lebih mungkin minum alkohol dan merokok.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa remaja bisa terpengaruh merokok dan minum alkohol oleh foto teman dunia mayanya," kata profesor kedoktern preventif di University of Southern California Dr Thomas Valente, seperti dilansir laman Daily Mail, Rabu, (29/1).

"Untuk pengetahuan kita, ini adalah studi pertama yang menerapkan metode analisis jaringan sosial untuk mengkaji bagaimana aktivitas online remaja di situs jejaring sosial online mempengaruhi perilaku merokok dan konsumsi alkohol," kata Dr. Valente lebih lanjut.

Dr Valente dan timnya melakukan survei tehadap 1.563 remaja usia 15 tahun dan 16 tahun mengenai jaringan pertemanan mereka baik di dunia maupun tidak, frekuensi penggunaan sosial media mereka, merokok, dan konsumsi alkohol mereka.

Para peneliti menemukan bahwa banyaknya teman di dunia maya tidak memperngaruhi risiko perilaku. Sedangkan, melihat gambar teman di media sosial sedang berpesta atau minum alkohol, mempengaruhi perilaku merokok dan minum alkohol. Selain itu, meskipun teman dekat mereka tidak minum alkohol, mereka akan tetap lebih mungkin terpengaruh dengan melihat foto di dunia maya. (fny/jpnn)

BAIK di dunia maya maupun di dunia nyata, teman memang akan memiliki dampak sendiri bagi anak. Dampaknya bisa positif maupun negatif, tergantung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News