Megawati Bakal Lebih Aktif Jembatani Dua Korea

Megawati Bakal Lebih Aktif Jembatani Dua Korea
Presiden RI kelima, Megawati Soekarnoputri saat membaca pidato pengukuhan sebagai penerima doktor honoris causa dari Korea Maritime and Ocean University di Busan, Korea Selatan, Senin (19/10). Foto: DPP PDIP for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA -  Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri menerima gelar doktor honoris causa (HC) di bidang hubungan international dari Korea Maritime and Ocean University (KMOU) di Busan, Korea Selatan. Prosesi pemberian gelar doktor kehormatan untuk ketua umum PDI Perjuangan itu digelar di kampus salah satu universitas ternama di Korsel itu, Senin (19/10).

Sebagaimana dikutip dari siaran pers DPP PDIP, Megawati dalam pidato pengukuhannya sebagai doktor HC bidang hubungan internasional mengatakan bahwa gelar itu semakin menantangnya untuk berbuat lebih banyak bagi demokrasi. Tujuan utamanya demi membawa kesejahteraan rakyat.

"Pemberian gelar ini mendorong saya semakin kuat dalam mendorong tradisi politik yang lebih maju, mengakselerasi pembentukan demokrasi, bukan hanya politik, namun utamanya ekonomi demi kesejahteraan rakyat Indonesia," ujar Megawati di depan civitas akademika KMOU.

Putri Proklamator RI, Bung Karno itu juga menyatakan kesediannya untuk lebih aktif dalam menjembatani hubungan antar-bangsa. Sebab, salah satu yang mendasari KMOU memberikan gelar itu adalah sumbangsih Megawati untuk menyatukan Korea Selatan dan Korea Utara.

Megawati menegaskan bahwa reunifikasi dua Korea bukanlah hal mustahil. Menurutnya, proses itu bisa dimulai dari konteks kemanusiaan dengan saling menghargai sehingga Korea bisa menyatu.

"Saya siap jika tugas memanggil untuk menjadi jembatan bagi kedua negara, merenda jalan untuk solusi damai. Itulah harapan saya yang paling mendalam, juga harapan seluruh rakyat Indonesia," katanya.(ara/JPNN)


JAKARTA -  Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri menerima gelar doktor honoris causa (HC) di bidang hubungan international dari Korea


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News