Dorong Rekonsiliasi Dua Korea, Megawati Diberi Gelar Doktor Honoris Causa

Dorong Rekonsiliasi Dua Korea, Megawati Diberi Gelar Doktor Honoris Causa
Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Megawati Soekarnoputri menerima penghargaan gelar doktor honoris causa dari Korea Maritime And Ocean University (KMOU). Megawati terlihat berpose bersama Presiden KMOU, Park Han-Il. Foto: DPP PDIP for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Korea Maritime and Ocean University (KMOU) hari ini (19/10) memberikan gelar doktor honoris causa (HC) bidang hubungan internasional kepada Presiden RI kelima, Megawati Soekarnoputri. Universitas ternama di Busan, Korsel itu menganggap ketua umum PDI Perjuangan tersebut telah menancapkan tonggak penting bagi demokrasi dan perdamaian.

Salah satu guru besar di KMOU, Gil-Soo Ryu saat membacakan pengantar sebelum penyerahan gelar doktor HC mengatakan, Megawati telah berkontribusi besar bagi demokrasi di Indonesia. Sebab, bukan hal mudah membangun demokrasi pasca-kekuasaan otoriter di bawah pemerintahan Orde Baru selama 32 tahun.

Namun, yang juga memberi kesan mendalam bagi Korsel adalah ketika Megawati menjadi Presiden RI bertindak aktif mendamaikan dua Korea. Gol-Soo menyebut Megawati masih terus melakukan upaya rekonsiliasi Korsel dengan Korea Utara hingga saat ini.

"Tahun lalu beliau (Megawati, red) mengadakan diskusi dan pembicaraan yang panjang dengan otiritas kita terkait berbagai masalah menyangkut rekonsiliasi dua Korea," ujarnya sebagaimana dikutip siaran pers DPP PDIP, Senin (19/10).

Karenanya, KMOU menilai Megawati merupakan simbol demokrasi yang punya makna penting bagi Korsel. "Sebagai simbol demokrasi dan peacemaker untuk rekonsiliasi diantara dua Korea‎, maka kita akan memberi gelar doktor kehormatan kepada Megawati," tandasnya.

Nama Megawati lantas dipanggil untuk berdiri di podium. Ia mengenakan toga akademik untuk prosesi pemberian gelar doktor kehormatan.

Sedangkan pendiri Indonesia Center di Korsel, Kim Su Il menilai Megawati sudah sangat pas menerima gelar itu. Kim yang sudah lama mengenal Megawati, menyebut putri Proklamator RI itu selalu konsisten memperjuangkan demokrasi bagi kepentingan rakyat Indonesia.

“Beliau juga dikenal sangat kokoh pendiriannya dalam menghadapi situasi apapun. Makanya beliau berhasil membawa partainya melewati berbagai ujian berat," katanya.(ara/JPNN)

JAKARTA - Korea Maritime and Ocean University (KMOU) hari ini (19/10) memberikan gelar doktor honoris causa (HC) bidang hubungan internasional kepada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News