Megawati Dorong Anak Bangsa Bisa Bangkitkan Kesadaran Soal Kekayaan Intelektual

Megawati Dorong Anak Bangsa Bisa Bangkitkan Kesadaran Soal Kekayaan Intelektual
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mendorong kesadaran rakyat soal hak cipta atau kekayaan intelektual bisa lebih masif didorong semua pihak. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mendorong kesadaran rakyat soal hak cipta atau kekayaan intelektual bisa lebih masif didorong semua pihak. 

Dia menyampaikan itu saat saat peluncuran lagu Jarji Jarbeh pada hari kedua Rakernas III PDIP atau Rabu (7/8) ini di Sekolah Partai, Jakarta Selatan. 

"Jadi saya juga, nah, ini tolong disuarakan, diinformasikan," kata Megawati ditemui di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Rabu.

Megawati mengatakan banyak seniman yang kurang memahami kekayaan intelektual, padahal sudah ada kebijakan yang bisa melindungi karya seseorang. 

"Itu ada hak cipta dia. Maka seharusnya dengan hukumnya itu HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual, red), yaitu dipatenkan," ungkap Megawati.

Megawati menjelaskan, Indonesia sudah punya undang-undang yang mengatur tentang hak cipta dan kekayaan intelektual

Presiden kelima RI itu mengaku sudah berbicara dengan Presiden Jokowi agar mendorong rakyat memiliki kesadaran mematenkan karya mereka.

Semisal, kata Megawati, anak bangsa bisa diwanti-wanti agar semua hasil karya benar-benar didaftarkan ke HAKI.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mendorong kesadaran rakyat soal hak cipta atau kekayaan intelektual bisa lebih masif didorong semua pihak. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News