Megawati Raih Lagi Gelar Doktor Kehormatan di Tiongkok

Megawati Raih Lagi Gelar Doktor Kehormatan di Tiongkok
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menerima gelar doktor kehormatan Fujian Normal University, Tiongkok, Senin (5/11). Ist for JPNN.com

jpnn.com, TIONGKOK - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menerima gelar doktor kehormatan Fujian Normal University, Tiongkok, Senin (5/11). Ini merupakan gelar kehormatan kedelapan bagi putri Presiden Pertama RI Soekarno itu.

Secara pribadi, Megawati melihat bahwa pemberian gelar ini merupakan jawaban atas sejarah pendidikan dirinya.

"Alhamdulilah karena secara pribadi sebetulnya (pemberian gelar doktor ini) menepis mengenai keakademian saya. Karena kalau diketahui ketika tahun 1965, saya tidak boleh kuliah. Tapi selalu disiarkan saya ini DO (Drop Out)," kata Megawati.

Ketua Umum PDI Perjuangan ini melanjutkan, penghargaan dari berbagai universitas ini adalah bukti kepeduliannya terhadap akademik.

Banyak kampus dari dalam maupun luar negeri, yang mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Megawati selama hidupnya.

"Ini sebagai akibat dari pemikiran-pemikiran saya terutama bagi bangsa dan negara," kata Megawati.

Gelar honoris causa dari Fujian Normal University adalah yang kedelapan untuk Megawati. Sebelumnya, Megawati sudah menerima tujuh gelar doktor kehormatan.

Yaitu dari Universitas Waseda Tokyo di Jepang (2001); Moscow State Institute of International Relation di Rusia (2003); Korea Maritime and Ocean University di Korea Selatan (2015); Universitas Padjadjaran Bandung (2016); Universitas Negeri Padang (2017); dan Mokpo National University di Korea Selatan (2017).

Gelar honoris causa dari Fujian Normal University adalah yang kedelapan untuk Megawati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News