Megawati Usul 5 Persen APBN untuk Riset

Megawati Usul 5 Persen APBN untuk Riset
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di acara Rakornas Tiga Pilar PDIP di ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (16/12). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Seokarnoputri mengusulkan agar pemerintah menyisihkan 5 persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk riset.

Alasannya, pelaksaan pembangunan tidak boleh dilakukan sembarangan. Program itu harus dilaksanakan berdasarkan riset ilmiah dan berwawasan lingkungan.

Usulan pembiayaan riset itu disampaikan Mega saat membuka acara Rakornas Tiga Pilar PDI Perjuangan dengan tema berdikari untuk Indonesia raya di ICE BSD Serpong, Tanggerang Selatan kemarin (16/12).

Presiden RI ke-5 itu mengatakan, pembangunan berdikari bersifat ilmiah dan berwawasan lingkungan.

“Seperti yang pernah disampaikan Bung Karno,” terang dia di depan ratusan kader partai banteng.

Menurut dia, Presiden ke-3 BJ Habibie tentu sepakat dengan gagasan tersebut. “Pak Habibie pasti setuju 100 persen,” ucap dia.

Habibie yang hadir dalam rakornas itu mendengarkan secara seksama. Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla juga ikut datang dalam acara tersebut.

Mega menerangkan, sejak dia menjadi anggota DPR sampai sekarang, tidak pernah disediakan anggaran satu persen pun dari APBN untuk riset. Hal itu tentu sangat aneh.

Megawati Soekarnoputri mengatakan, perencanaan pembangunan harus dilakukan secara matang berdasar hasil riset.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News