Melihat Foto Kakaknya, Ramdan Menangis

Melihat Foto Kakaknya, Ramdan Menangis
Melihat Foto Kakaknya, Ramdan Menangis
SURABAYA -- Perkembangan kondisi Ramdan Aldil Saputra, semakin menggembirakan. Setelah menjalani tiga operasi besar (transplantasi liver dan dua kali operasi otak) di RSUD dr Soetomo dalam seminggu terakhir, kondisi bocah yang masih berusia 3,5 tahun itu terus menunjukkan tanda-tanda membaik. Kemarin pagi (1/5), Ramdan bisa dikatakan sudah hampir sepenuhnya sadar. Nyaris seluruh alat inderanya sudah bisa merespons rangsangan. Bahkan, refleks Ramdan sudah sangat bagus.

Ketika disapa, mantan penderita kelainan liver atresia bilier (saluran empedu tak terbentuk) itu merespons dengan menoleh. Kedua matanya juga bisa mengikuti dengan bagus ketika tim dokter mencoba menggerak-gerakkan tangan di depan wajahnya. Kedua mata Ramdan, yang Jumat (30/4) pagi masih terlihat tidak simetris saat terbuka karena bengkak, kemarin terlihat lebih baik.

"Gerakan, refleks-refleksnya, semua sudah membaik," kata dr Philia Setiawan SpAn-KIC, dalam konferensi pers di lantai 2 Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD dr Soetomo siang kemarin. 

Philia adalah spesialis anestesi serta konsultan Intensive Care Unit (ICU) dan critical care yang menangani Ramdan bersama dr Arie Utariani SpAn-KIC dan dr Elizeus Hanindito SpAn-KIC. Sejak usai operasi transplantasi liver dengan donor dari ibunya Sabtu pekan lalu (24/4), Ramdan dirawat secara intensif dalam ruang khusus di ICU lantai 2 GBPT.

SURABAYA -- Perkembangan kondisi Ramdan Aldil Saputra, semakin menggembirakan. Setelah menjalani tiga operasi besar (transplantasi liver dan dua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News