Ramdan Mulai Gerakkan Kaki

Ramdan Mulai Gerakkan Kaki
Ramdan Mulai Gerakkan Kaki
SURABAYA - Ramdan Aldil Saputra, balita 3,5 tahun yang Sabtu (24/4) lalu menjalani transplantasi liver pertama di RSUD dr Soetomo, kembali menunjukkan kekuatan fisiknya yang luar biasa. Pemulihan mantan penderita atresia bilier itu pascaoperasi otak kedua yang dia jalani Kamis (29/4) malam luar biasa cepat.

   

Kemarin (30/4) pagi, tak sampai 18 jam setelah operasi, mata putra bungsu pasangan Bambang Sutondo Winarno-Sulistyoningsih itu sudah berbinar-binar. Kedua kakinya juga sudah bergerak-gerak dengan kuat. Bahkan, Ramdan sudah bisa melakukan hobinya, yakni menyilangkan kaki saat tiduran.

     

Refleks kedua pupilnya pun bagus, pertanda tidak lagi muncul perdarahan pada otak, seperti yang terjadi dua hari berturut-turut pada Rabu (28/4) dan Kamis. ?Perdarahan di otak atau intracranial yang dialami Ramdan berhasil dievakuasi oleh tim dokter,? kata juru bicara tim liver transplant RSUD dr Soetomo, dr Urip Murtedjo SpB K-L, dalam konferensi pers di lantai 2 Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD dr Soetomo kemarin (30/4).

     

Seperti diberitakan, sekitar pukul 16.30 Rabu lalu Ramdan kejang, dan beberapa menit kemudian koma. Sekitar 1,5 jam kemudian, dilakukan CT-scan, dan diketahui bahwa terjadi perdarahan hebat di bagian otak kanan depan. Satu-satunya cara untuk menyelamatkan nyawanya adalah pembedahan otak dengan membuka tulang tengkoraknya (trepanasi).

     

SURABAYA - Ramdan Aldil Saputra, balita 3,5 tahun yang Sabtu (24/4) lalu menjalani transplantasi liver pertama di RSUD dr Soetomo, kembali menunjukkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News