Melihat Sajian Menu Pascalebaran Warga Kawanua

Mulai Pisang Goreng, Bubur Manado, Ikan Bakar Rica sampai Gohu

Melihat Sajian Menu Pascalebaran Warga Kawanua
Masda Isini, 38, menyajikan berbagai jenis makanan khas Sulawesi Utara. FOTO: Mesya Mohamad/JPNN.com

Ada kebiasaan unik warga Kawanua (Manado, red) setiap pascalebaran. Usai menyantap makanan berkolestrol di hari raya selama dua hari berturut-turut, di hari ketiga menu diganti dengan sajian sehat nan nikmat.
 
MESYA MOHAMAD - Jawa Post National Network (JPNN.com)

JAM masih menunjukkan pukul 06.00 Wita. Masda Isini, 38, sudah siap-siap ke Pasar Bersehati (pasar tradisional terbesar di M‎anado).

PNS di Kementerian Agama Kanwil Sulawesi Utara (Sulut) ini sengaja ke pasar pagi-pagi untuk mencari bahan sayuran bubur Manado. Didampingi suaminya Ipda Aidin Isini, 40, yang merupakan perwira menengah (Pama) di Brimobda Sulut, ibu tiga putri ini sangat bersemangat mencari bahan-bahan bubur Manado, dan lain-lain.

Begitu sampai Pasar‎ Bersehati, dengan cekatan dia memilih sayuran seperti kangkung, bayam, kemangi, sereh, jagung, sambiki (labu parang), sayur gedi (daun pepaya Jepang), daun bawang, mie basah, dan caisin.

Dia juga mengambil ikan kakap, kerapu, tahu, ikan cakalang, ikan roa, pisang goroho,  pisang kepok, dan pepaya yang masih mengkal.

Begitu semua bahan didapat, Masda dan suaminya cepat beranjak dari pasar menuju rumahnya yang berada di kawasan Permata Kelabat, Paniki. Langkah pertama dia membersihkan seluruh sayuran dan ikan.

Semua sayuran kecuali sawi‎ disatukan untuk bahan bubur Manado. Sedangkan sawi, ikan cakalang, dan mie basah akan dia buat sajian mie kuah cakalang. Untuk tahu, hanya digoreng biasa sebagai pendamping bubur Manado dan mie kuah cakalang.

Begitu juga jagung, ada beberapa buah dicampur dalam bahan bubur Manado. Lainnya direbus dengan sedikit garam.

Ada kebiasaan unik warga Kawanua (Manado, red) setiap pascalebaran. Usai menyantap makanan berkolestrol di hari raya selama dua hari berturut-turut,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News