Melly Latifah Ungkap Faktor Penentu Kelekatan Ibu dan Anak, Orang Tua Wajib Baca

Melly Latifah Ungkap Faktor Penentu Kelekatan Ibu dan Anak, Orang Tua Wajib Baca
Pakar sekaligus dosen IPB University dari Divisi Perkembangan Anak, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (IKK-Fema) Dr Melly Latifah. (ANTARA/Istimewa)

jpnn.com, JAKARTA - Hasil riset menyebutkan bahwa pembentukan kelekatan antara seorang ibu dan anak dimulai dari kontak mata.

Hal ini diungkapkan oleh pakar sekaligus dosen IPB University dari Divisi Perkembangan Anak, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (IKK-Fema) Dr Melly Latifah.

"Selanjutnya, kontak mata diiringi dengan senyuman," kata Melly Latifah dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (27/12).

Dia menerangkan, sejak lahir bayi dan anak kecil bergantung pada orang dewasa yang mengasuhnya.

Kelekatan atau attachment di antara mereka yang terbentuk di tahun-tahun awal menjadi indikator penting dari perkembangan masa kanak-kanak dan dewasanya.

Melly menjelaskan, kelekatan merupakan salah satu konsep penting dalam psikologi perkembangan mengingat pengaruhnya terhadap kepribadian dan perilaku anak hingga usia dewasa.

Istilah attachment merujuk pada hubungan emosional antara bayi dan orang yang paling banyak menghabiskan waktu untuk merawat bayi. Kelekatan yang terbentuk dengan baik akan memberikan rasa aman dan nyaman pada bayi sehingga disebut secure attachment.

"Attachment terbentuk pada dua tahun pertama kehidupan anak yang mana anak akan membentuk dasar ikatan yang kuat dengan primary caregiver," terang Melly.

Para ibu harus tahu faktor penentu kelekatan dengan anak ini, karena sangat berpengaruh besar bagi kepribadian dan perilaku anaknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News