Memalukan, Empat Oknum Polisi Pungli Pengendara dengan Razia Ilegal

Memalukan, Empat Oknum Polisi Pungli Pengendara dengan Razia Ilegal
Memalukan, Empat Oknum Polisi Pungli Pengendara dengan Razia Ilegal

jpnn.com - SEMARANG - Jalan raya menjadi lahan empuk bagi oknum polisi untuk mengeruk uang pungli dari pengendara bukan lagi rahasia umum. Buktinya, empat oknum Polsek Tembalang, Semarang ini sampai nekat melakukan operasi lalu lintas di wilayah Polres Temanggung yang jauh dari wilayah hukumnya. 

Aksi nekat keempat anggota Polsek Tembalang ini tentu saja ilegal. Tujuannya sudah jelas untuk mengeruk uang dari hasil tilangan. Keempatnya ditangkap oleh Unit Paminal Polres Temanggung saat melakukan operasi ilegal tersebut di wilayah Polres Temanggung pada Sabtu (21/3). 

Tak pelak empat oknum berpangkat brigadir yang terdiri dari anggota Unit Lantas dan anggota Unit Sabhara Polsek Tembalang tersebut terancam mendapatkan sanksi administrasi berupa mutasi dan sanksi disiplin dari Pimpinan Polrestabes Semarang.

Informasi yang dihimpun, empat oknum tersebut ketahuan melakukan razia ilegal setelah ada salah seorang anggota Polres Temanggung dihentikan dan kena tilang. Oleh anggota Polres Temanggung tersebut, keempatnya langsung dilaporkan ke Paminal Polres Temanggung. 

Tanpa berpanjang lebar, keempatnya langsung diciduk aparat dari Pengamanan Internal (Paminal) Polres Temanggung. Keempatnya kemudian diserahkan ke Propam Polda Jateng dan dilimpahkan penanganannya ke Propam Polrestabes Semarang.

"Itu melanggar disiplin karena melakukan operasi di luar wilayah hukumnya. Sudah kami limpahkan ke Propam Polrestabes Semarang," kata Kabid Propam Polda Jateng, Kombes Pol Hendra Supriatna, saat dikonfirmasi via telepon, Minggu (22/3).

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Djihartono, saat dikonfirmasi terkait kejadian tersebut tidak membantah. Bahkan ia dengan tegas mengatakan kalau apa yang dilakukan oleh empat oknum tersebut merupakan tindakan ilegal.

"Sudah diperiksa Propam. Itu tindakan ilegal karena bukan di wilayah hukumnya (Polrestabes Semarang maupun Polsek Tembalang, red). Kejadiannya Sabtu (21/3) kemarin, pakai seragam," katanya saat ditemui di Mapolrestabes Semarang, Minggu (22/3).

SEMARANG - Jalan raya menjadi lahan empuk bagi oknum polisi untuk mengeruk uang pungli dari pengendara bukan lagi rahasia umum. Buktinya, empat oknum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News