Membandingkan Jumlah Emak - Emak Pemilih Prabowo dengan Jokowi

Membandingkan Jumlah Emak - Emak Pemilih Prabowo dengan Jokowi
Hasil survei Indomatrik mengenai elektabilitas Jokowi dan Prabowo berdasarkan jenis kelamin pemilih. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Pemilih perempuan atau emak-emak di Pilpres 2019 tidak luput dari survei Indomatrik. Dari data hasil penelitian terbaru lembaga tersebut diketahui Prabowo - Sandi lebih banyak dipilih kaum hawa dibanding Jokowi - Amin.

Hal ini terungkap dari hasil survei yang dipaparkan Direktur Riset Indomatrik, Syahruddin YS di Hotel Ibis Cikini, Jumat (15/2). Secara elektabilitas, selisih 01 dan 02 makin tipis. Prabowo - Sandi (44,04 persen) dan Jokowi - Ma'ruf (47,97 persen).

Bagaimana dengan perbedaan pemilih emak-emak untuk kedua paslon? Menurut Syahruddin, perolehan tingkat elektabilitas berdasarkan karakteristik jenis kelamin untuk kategori perempuan dan Emak-emak di Pilpres 2019, dikuasai pasangan Prabowo - Sandi.

"Hasil survei menunjukkan Prabowo - Sandi mendapat angka sebesar 22,64 persen dari perempuan dan emak-emak. Sedangkan Jokowi - Ma'ruf 22,03 persen. Jadi pasangan 01 unggul sekitar 0,62 persen," ucap Syahruddin.

Keunggulan pasangan yang diusung Koalisi Adil dan Makmur itu menurut survei ini, disebabkan beberapa alasan dari responden. Di antaranya karena suka terhadap sosok Sandiaga Uno, dianggap mampu menurunkan harga bahan pokok yang dirasa mahal.

"Kemudian Prabowo - Sandi dianggap mumpuni dalam menurunkan biaya kesehatan dna pendidikan, serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan," ucap Syahruddin.

Survei Indomatrik dilakukan pada 21-26 Januari 2019 dan dilaksanakan secara proporsional di 34 provinsi. Responden merupakan para pemilih usia 17 tahun atau sudah menikah dan terdaftar di KPU.

Jumlah sampel respondennya sebanyak 1.800. Penetuan responden dilakukan secara random sistematis, dengan margin of error 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling.(fat/jpnn)


Pemilih perempuan atau emak-emak di Pilpres 2019 tidak luput dari survei Indomatrik. Prabowo atau Jokowi. Siapa yang lebih unggul?


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News