JPNN.com

Membangkang, Polisi Bolivia Ikut Demo Anti-Pemerintah

Sabtu, 09 November 2019 – 22:24 WIB Membangkang, Polisi Bolivia Ikut Demo Anti-Pemerintah - JPNN.com
Pendukung calon presiden Bolivia Carlos Mesa melakukan demonstrasi di La Paz, Bolivia, Senin (28/10). Foto: Reuters/Antara

jpnn.com - Dalam sebuah unjuk rasa, polisi biasanya berhadap-hadapan dengan demonstran. Namun, yang terjadi di Bolivia ini justru sebaliknya.

Di Kota Cochamba, Jumat (8/11), sejumlah polisi terang-terangan ikut demonstrasi menentang pemerintahan Presiden Evo Morales. Mereka membawa bendera Bolivia dalam ukuran besar.

Gambar dan tayangan stasiun televisi setempat memperlihatkan polisi di kota besar lain juga berpawai bersama pemrotes. Mereka bahkan meneriakkan seruan-seruan yang biasa digunakan oleh oposisi untuk Morales.

Pemerintah Bolivia membantah ada pembangkangan oleh aparat. Namun, membenarkan ada sejumlah polisi yang ikut berdemonstrasi.

"Kami percaya bahwa komandan polisi sekarang dapat menangkap pelaku pembangkangan dan kami yakin polisi akan terus melaksanakan tugas konstitusional mereka untuk menjaga rakyat," kata Menteri Pertahanan Javier Zabaleta kepada stasiun televisi negara.

Evo Morales dinyatakan sebagai pemenang pemilihan umum yang digelar bulan lalu. Namun, pihak oposisi menuding ada kecurangan dan menuntut digelar pemilu ulang. Sejak itu, Bolivia diguncang gelombang demonstrasi, pemogokan dan penutupan jalan. (ant/dil/jpnn)

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...