Memboyong Semangat Soekarno dari Guangzhou ke Riau

Memboyong Semangat Soekarno dari Guangzhou ke Riau
Memboyong Semangat Soekarno dari Guangzhou ke Riau
Guangzhou sebagai tuan rumah Asian Games 2010 benar-benar memukau. Tak salah jika Pemprov Riau yang akan menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Nasional berguru dengan kota yang menjadi host pesta olah raga terakbar di Benua Asia itu.

 

====================
 Afni Zulkifli, Guangzhou
====================

LIMA ekor kambing dengan tampilan ceria, menjadi ikon Asian Games XVI 2010 yang digelar di kota Guangzhou-Cina. Lima ekor kambing ceria itu bukanlah kambing biasa. Sejarah bermula saat zaman dahulu kala, warga kota Guangzhou dikenal dengan kemiskinan dan kemelaratannya. Hingga datanglah lima dewa dari langit, yang turun dalam bentuk kambing dan mengajarkan para penduduk untuk bisa bertahan hidup. Maka selain dikenal sebagai kota Bunga, Guangzhou pun dikenal sebagai kota kambing.

Kini Guangzhou tidak lagi sama seperti dulu. Nyaris wajah kemelaratan tidak terlihat lagi. Kota-nya sudah berubah wujud. Gedung pencakar langit, jalan raya mulus halus, infrastruktur yang tertata rapi dan bersih, serta berbagai fasilitas publik berstandar internasional, menjadi pemandangan khas kota kini. Terlebih lagi dengan menjadi tuan rumah pesta akbar olahraga sekelas Asian Games, Guangzhou pun semakin terlihat elok nian.

Rombongan Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Riau yang datang khusus melihat persiapan kota Guangzhou saat menjadi tuan rumah Sea Games 2010 pun disuguhi berbagai pemandangan kota modern yang full fasilitas. "Seluruh jalan-jalan kembali di aspal, seluruh bangunan yang berada di tepi jalan raya juga direnovasi dan dicat ulang dengan warna cerah. Pohon-pohon yang sudah tua dari desa-desa dikumpulkan dan ditanam kembali untuk menghijaukan kota. Semuanya dilakukan kurang dari 3 tahun dan seluruh biaya ditanggung pemerintah,’’ jelas Ah Wen, guide yang membawa rombongan PB PON Riau berkeliling kota Guangzhou.

Guangzhou sebagai tuan rumah Asian Games 2010 benar-benar memukau. Tak salah jika Pemprov Riau yang akan menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News