Mempercepat Vaksinasi, Mendagri Tito Dorong Kepala Daerah Menerapkan Strategi Ini

Mempercepat Vaksinasi, Mendagri Tito Dorong Kepala Daerah Menerapkan Strategi Ini
Mendagri Tito Karnavian. Foto: dokumen JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mendorong pemerintah daerah mempercepat vaksinasi untuk menghadapi Covid-19 varian Omicron.

Mantan Kapolri itu menyatakan meskipun capaian vaksinasi lengkap di Indonesia sudah mencapai 49 persen dari total target sasaran, hal itu belum seperti yang ditargetkan Presiden Jokowi, yakni 70 persen pada akhir Desember 2021. 

“Kita semua tidak boleh lengah. Oleh karena itu, vaksinasi juga menjadi kunci,” katanya, Rabu (8/12).

Mendagri Tito meminta para gubernur di seluruh Indonesia menerapkan sejumlah strategi dalam upaya mempercepat vakasinasi Covid-19. 

Adapun sejumlah strategi itu, yakni membina, me-monitoring, dan mengevaluasi target vaksinasi, stok vaksin, hingga ketersediaan vaksinator.

Mendagri Tito menambahkan gubernur juga perlu menurunkan tim ke lapangan untuk memetakan tantangan dan kendala yang dihadapi kabupaten/kota yang belum mencapai target vaksinasi. 

Menurutnya, gubernur juga perlu mengawasi dan meningkatkan kedisiplinan dinas kesehatan provinsi maupun kabupaten/kota dalam mengelola vaksin melalui aplikasi Sistem Monitoring Imunisasi Logistik secara Elektronik (SMILE).

Tak hanya itu, Mendagri Tito juga meminta gubernur melakukan kampanye dan sosialisasi secara masif melalui berbagai media.

Mendagri Tito Karnavian mendorong kepala daerah mempercepat vaksinasi untuk menghadapi Covid-19 varian Omicron. Dia memaparkan sejumlah strategi yang harus diterapkan para kepala daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News