Menaker Dukung Usulan Iluni UI Kembangkan SDM Indonesia

Menaker Dukung Usulan Iluni UI Kembangkan SDM Indonesia
Menaker Hanif Dhakiri. Foto: Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri, menerima audiensi Ketua Umum dan Pengurus Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI). Pertemuan ini membahas usulan kerja sama pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

“Kami mengajukan program kerja sama yang nantinya akan dikolaborasikan dengan Kemnaker. Kita ingin pemerintah dan akademisi perguruan tinggi bisa bersama-sama memajukan SDM Indonesia,” kata Ketua Iluni Periode 2019-2022, Andre Rahadian di kantor Kemnaker Jakarta pada hari Senin (30/9).

Andre mengatakan, pihak Iluni mengajukan usulan kerja sama untuk mengembangkan program pelatihan vokasi serta berwirausaha bagi para calon tenaga kerja agar siap memasuki pasar kerja.

“Kami mendukung upaya-upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia. Saat ini, UI telah memiliki Learning Centre 4.0 yang di dominasi dari kalangan Millenials. Ini bisa kami manfaatkan secara optimal,” kata Andre.

Menaker Hanif menyambut baik usulan kerja sama Iluni UI. Menurutnya, pengembangan SDM Indonesia tak hanya dilakukan pemerintah, tetapi membutuhkan serta melibatkan pihak terkait lainnya, termasuk dari kalangan akademisi. “Dalam menyiapkan SDM yang unggul tentu perguruan tinggi memiliki peran yang sentral guna menciptakan SDM yang memiliki pemikiran yang adaptif,” kata Hanif.

Menurut Hanif, saat ini peran perguruan tinggi masih didominasi oleh pendidikan formal saja. Padahal, saat ini diperlukan pendidikan berbasis pelatihan guna menghasilkan SDM yang kompeten, serta pemberian edukasi dalam menyikapi era digitalisasi saat ini.

“Terkait tahap implementasi kerjasamanya nanti, perlu untuk dibahas lebih lanjut didalam forum Focus Group Discussion yang melibatkan para praktisi ahli guna menyiapkan kurikulum vokasi yang tepat,” Kata Hanif.(jpnn)

Menaker Hanif Dhakiri membahas usulan kerja sama pengembangan kualitas SDM Indonesia bersama Iluni UI.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News