Menaker Geram, Lalu Bentak TKA Tiongkok, Sit Down!!!

Menaker Geram, Lalu Bentak TKA Tiongkok, Sit Down!!!
Hanif Dhakiri. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri menjadi pusat perhatian media sosial sejak Rabu (28/12) sore kemarin.

Pembantu Presiden Joko Widodo asal PKB itu muncul dalam sebuah video yang sudah beredar luas, seperti di YouTube. Dalam rekaman, Hanif tampak geram, membentak dan sempat memicu ketegangan saat melakukan sidak tenaga kerja asing (TKA) di PT. Hua Xing Industri, Jalan Narogong Km 20, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Hanif tampak membentak TKA asing karena bertindak kurang kooperatif. Bukannya mendengarkan imbauan Menaker untuk segera duduk, mereka malah asyik menelepon atau bicara dengan rekannya. "Sit down," kata Hanif.

Dari sidak di perusahaan yang bergerak di bidang peleburan baja tersebut ditemukan 38 TKA asal Tiongkok, semuanya memiliki izin, namun 18 TKA terindikasi melakukan pelanggaran izin dan akan dilakukan pemeriksaan lanjutan oleh pengawas ketenagakerjaan, Imigrasi dan kepolisian setempat.

“Kami berkoordinasi dengan berbagai pihak, salah satunya Bapak Sutrisno (Kepala Kantor Kelas II Imigrasi Bekasi) untuk menindaklanjuti pemeriksaan TKA, mana yang tidak memiliki izin dan memiliki indikasi pelanggaran,” ungkap Hanif.

Pelanggaran izin yang dimaksud adalah izin bekerja tidak sesuai dengan jabatannya misalnya teknisi listrik tapi menjadi marketing.
Hanif juga mengungkap, dalam sidak tersebut dia menemukan pelanggaran lokasi kerja, misalnya izinnya di Tangerang ternyata bekerja di Bogor.

“TKA ilegal itu adalah kasus. Kalau tidak sesuai aturan ya langsung ditindak, bisa dideportasi. Pemerintah tidak pernah membiarkan TKA ilegal masuk secara bebas di negara Indonesia ini

JPNN.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri menjadi pusat perhatian media sosial sejak Rabu (28/12) sore kemarin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News