Menaker Hanif Meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi PMI

Menaker Hanif Meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi PMI
Menaker Hanif Dhakiri (tengah) pada acara peluncuran aplikasi Sistem Informasi Pekerja Migran Indonesia (SIPMI), Jakarta, Kamis (27/12). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Untuk meningkatkan pelayanan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI), Kementerian Ketenagakerjaan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pekerja Migran Indonesia (SIPMI).
SIPMI merupakan aplikasi mobile berbasis Android dan IOS yang bisa diunduh di play store maupun app store ini, diyakini mampu meningkatkan pelayanan dan perlindungan PMI.

“Ini merupakan platform berbasis komunitas dimana dunia yang terkait dengan pekerja migran bisa terintegrasi langsung melalui sebuah platform berbasis digital," ujar Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri saat memberikan sambutan pada peluncuran alpikasi SIPMI, di kantor Kemnaker RI, Jakarta Selatan, Kamis (27/12/2018).

Menaker Hanif Meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi PMI

Menaker mengungkapkan, aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh calon pekerja migran, pekerja migran, purna pekerja migran, pemerintah, dan semua pihak yang peduli terhadap perkembangan PMI. Platform ini menjadi sumber informasi yang komunikatif dari pemerintah untuk PMI.

“Terkait regulasi, tata cara dan proses migrasi ke luar negeri, keadaan negara tujuan migrasi dan lain sebagainya,” papar Hanif.

Menurut Menaker, aplikasi ini mudah diakses dan digunakan oleh semua orang terutama PMI baik di dalam maupun luar negeri. Sebagai platform berbasis komunitas SIPMI menyediakan beberapa fasilitas seperti personal chatting, group cahtting, dan bisa juga dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan keluarga.

“Jadi ini jalur khusus lah, spesifik untuk pekerja migran Indonesia sekaligus melalui aplikasi ini pemerintah bisa menyerap apa yang menjadi aspirasi pekerja migran,” papar Hanif.

Aplikasi ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendekatkan diri kepada stakeholder terkait migrasi terutama PMI. SIPMI juga dilengkapi dengan tombol panik agar jika dalam kondisi membutuhkan bantuan dengan menekan tombol ini pekerja migran terkdekat akan mendapat notifikasi.

Untuk meningkatkan pelayanan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI), Kementerian Ketenagakerjaan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi PMI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News