Menaker Ida Ajak Perempuan Manfaatkan BLK, Ini Tujuannya

Menaker Ida Ajak Perempuan Manfaatkan BLK, Ini Tujuannya
Menaker Ida Fauziyah saat menghadiri Soft Launching dan Fashion Show Wastra Nusantara Collaboration Project Albis Group X Olla on Ethnic, di Jakarta, Minggu (5/3). Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengajak para perempuan agar meningkatkan skill dan kompetensinya.

Tujuannya, untuk memudahkan mereka diterima di pasar kerja atau menjadi wirausaha.

Menaker Ida menyampaikan hal itu mengingat salah satu tantangan ketenagakerjaan saat ini adalah rendahnya tingkat pendidikan SDM Indonesia, khususnya perempuan.

Politikus Partai PKB itu menyebut rata-data pendidikan perempuan hanya mencapai SMP ke bawah dan ini jumlahnya lebih banyak.

"Jadi, saya mengajak teman-teman perempuan membekali diri dengan skill dan kompetensi," kata Menaker Ida saat menghadiri Soft Launching dan Fashion Show Wastra Nusantara Collaboration Project Albis Group X Olla on Ethnic, di Jakarta, Minggu (5/3).

Dia mengatakan, dalam meningkatkan kompetensi, para perempuan bisa mengikuti pelatihan vokasi yang diselenggarakan Balai Latihan Kerja (BLK).

Wanita 53 tahun itu mengatakan, pelatihan vokasi memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pendidikan formal di antaranya, pelatihan vokasi memiliki durasi waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan pendidikan formal dan pelatihan vokasi berbasis deman driven (sesuai dengan kebutuhan industri).

"Jadi, memungkinan bagi teman-teman perempuan untuk meningkatkan kompetensi melalui pelatihan vokasi," ucap Menaker Ida.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengajak para perempuan bisa mengikuti pelatihan vokasi yang diselenggarakan Balai Latihan Kerja (BLK).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News