Menaker Ida dan Gibran Rakabuming Raka Meresmikan Barista Jamu di BLK Surakarta

Menaker Ida dan Gibran Rakabuming Raka Meresmikan Barista Jamu di BLK Surakarta
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meresmikan kejuruan baru yakni pelatihan barista jamu di Balai Latihan Kerja (BLK) di Kota Surakarta, Rabu (10/3). Foto: Kemenaker.

jpnn.com, SURAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meresmikan kejuruan baru yakni pelatihan barista jamu di Balai Latihan Kerja (BLK) di Kota Surakarta, Rabu (10/3).

Peresmian itu dilakukan Ida di sela-sela membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap I di BLK Surakarta, Rabu (10/3). “Yang baru dari BLK Surakarta ini ada barista jamu,” kata Menaker Ida Fauziyah.

Menaker Ida mengatakan, pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak terhadap sektor kesehatan tetapi juga ekonomi dan sosial.

Ida menjelaskan salah satu dampak yang terlihat adalah perubahan pola konsumsi masyarakat.

Menurutnya, hal unik yang terjadi di tengah masyarakat selama pandemi antara lain adanya kenaikan konsumsi terhadap jamu.

Oleh karena itu, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) melalui BLK Surakarta menggelar pelatihan barista jamu untuk menyiapkan SDM kompeten di sektor yang tengah digemari masyarakat tersebut.

“Saya kira konsumsi jamu pada saat pandemi Covid-19 ini meningkat, yang menyesuaikan pada kebutuhan masyarakat untuk sehat. Jadi ada kedekatannya dengan barista tetapi pengolahan jamu, minuman yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat,” kata mantan ketua Fraksi PKB di DPR RI itu.

Menaker Ida menjelaskan, Surakarta adalah salah satu daerah yang usaha mikro kecil dan menengahnya berkembang pesat.

Dia meminta BLK Surakarta dengan dukungan pemda setempat selalu menyesuaikan pelatihan dengan perkembangan industri di wilayah tersebut sehingga SDM yang dilahirkan mampu mengisi kebutuhan dunia usaha atau industri.

“Saya minta kepada BLK Surakarta untuk selalu mengikuti kebutuhan masyarakat, kebutuhan dunia usaha dan industri. Tadi juga ditandatangani perjanjian kerja bersama Pemerintah Kota Surakarta dengan dunia usaha dan industri,” katanya.

BLK Surakarta adalah salah satu BLK UPTP (Unit Pelaksana Teknis Pusat) yang dikelola oleh Ditjen Binalattas, Kemnaker.

BLK ini berdiri pada 1947 dan menjadikannya sebagai BLK tertua di Indonesia.

Menaker Ida Fauziah didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meresmikan kejuruan baru yakni pelatihan barista jamu di Balai Latihan Kerja Surakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News