Menaker Ida Fauziyah Ajak Generasi Z Tingkatkan Keterampilan dan Berpikir Kreatif

Menaker Ida Fauziyah Ajak Generasi Z Tingkatkan Keterampilan dan Berpikir Kreatif
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat menghadiri acara 'Menaker Talks' bertajuk 'Building Work Ethics & Creative Mindset di kampus UNUSA di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (22/12). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, SURABAYA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan angkatan kerja muda saat ini yang berasal dari generasi milenial dan generasi Z lebih mementingkan hasil daripada proses.

Untuk itu, Menaker Ida Fauziyah meminta generasi Z untuk meningkatkan softskills atau keterampilan agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dari dunia industri.

Penegasan tersebut dikemukakannya dalam acara 'Menaker Talks' bertajuk 'Building Work Ethics & Creative Mindset di kampus UNUSA di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (22/12).

"Saya sangat berharap generasi milineal dan generasi Z Indonesia dapat mengembangkan softskills dan berpikir kreatif, karena ini menjadi salah satu keunggulan dalam memenangkan persaingan di pasar kerja global. Mari kita tingkatkan kompetensi kerja untuk menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045, " ujar Menaker Ida Fauziyah.

Menaker Ida Fauziyah menegaskan untuk dapat memenangkan persaingan di era pasar kerja global, angkatan kerja muda harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dari Industri.

Kompetensi tersebut, meliputi knowledge, skills dan attitude. Keluhan dari dunia industri untuk tenaga kerja muda adalah attitude.

"Untuk dapat meraih sukses di dunia industri maka angkatan kerja muda harus disiplin, bertanggungjawab, percaya diri, menghargai dan menghormati orang lain, dapat berpikir kreatif, memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik serta dapat bekerja sama dalam satu tim," tegasnya.

Menaker Ida Fauziyah juga meminta para mahasiswa untuk terus menjaga motivasi diri, menggali keterampilan, dan terus memperkuat kompetensi guna menghadapi persaingan dunia kerja.

Menaker Ida Fauziyah meminta generasi Z untuk meningkatkan softskills atau keterampilan agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dari dunia industri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News