Menaker Ida Fauziyah Dukung Pendirian BLK UPTP Morowali

Menaker Ida Fauziyah Dukung Pendirian BLK UPTP Morowali
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat beraudiensi denganBupati Morowali Taslim di Kantor Kemnaker, Jakarta, Jumat (12/11). Foto: Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sangat mendukung usulan pendirian Balai Latihan Kerja Unit Pelaksana Teknis Pusat (BLK UPTP) di Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Menurutnya, BLK UPTP Morowali diyakini akan mempercepat menyiapkan tenaga kerja lokal yang memiliki kompetensi dan daya saing tinggi di daerah.

"Apalagi Pak Bupati tadi mengatakan sudah memiliki pemetaan kebutuhan tenaga kerja dan peningkatan kompetensinya," ujar Menaker Ida seusai menerima audiensi Bupati Morowali Taslim di Kantor Kemnaker, Jakarta, Jumat (12/11).

Menaker Ida berharap pendirian BLK UPTP Morowali akan menjawab beberapa tantangan di tiga kabupaten, yatu Morowali, Morowali Utara, dan Konawe Utara.

Tiga kabupaten tersebut memiliki persoalan sama, yakni sebagai kawasan industri memiliki kendala dalam menyiapkan tenaga kerja lokal.

Secara geografis, Kabupaten Morowali sangat strategis karena terletak di antara Kabupaten Konawe Utara dan Morowali Utara.

Dari sisi kebutuhan tenaga kerja, masyarakat atau tenaga kerja nantinya dapat diserap seperti industri nikel dan industri lain yang ada di daerah setempat.

Dirjen Binalavotas Kemnaker Budi Hartawan menyatakan pembangunan UPTP biasanya dilakukan di ibu kota provinsi, sehingga kemungkinan UPTP Morowali akan dibangun di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mendukung usulan pendirian BLK UPTP di Kabupaten Morowali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News