Menaker Ida Fauziyah Sampaikan Kabar Baik Soal Kondisi Ketenagakerjaan di Indonesia

Menaker Ida Fauziyah Sampaikan Kabar Baik Soal Kondisi Ketenagakerjaan di Indonesia
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (lima dari kiri) saat menghadiri Malam Silaturahmi Ulang Tahun ke-46 BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta, Jumat (15/12). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan kondisi ekonomi dan ketenagakerjaan Indonesia tengah mengalami perbaikan.

Ini terlihat dari Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Indonesia per Agustus 2023 sebesar 5,37 persen, turun 6,77 persen dibandingkan Agustus 2022 sebesar 5,86 persen.

Menurut Ida, dengan turunnya TPT tersebut semakin banyak angkatan kerja yang masuk ke pasar kerja atau bekerja.

Karena itu, dia berpesan untuk memastikan semua pekerja yang masuk ke pasar kerja ataupun bekerja agar terlindungi program-program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

“Semakin tinggi angkatan kerja yang masuk ke pasar kerja ini menjadi tantangan bagi BPJS Ketenagakerjaan untuk memastikan mereka menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” kata Menaker Ida Fauziyah saat menghadiri Malam Silaturahmi Ulang Tahun ke-46 BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta, Jumat (15/12).

Menaker Ida mengungkapkan selain pasar kerja dalam negeri, potensi masyarakat Indonesia untuk bekerja ke luar negeri juga meningkat seiring meningkatnya peluang kesempatan kerja di luar negeri.

Dia mencontohkan dengan Jepang yang tengah mengalami ageing society yang menyebabkan negara tersebut membutuhkan pekerja asing dalam jumlah besar.

Melalui kerja sama yang dijalin dengan Indonesia, Jepang juga menargetkan dapat menyerap 100 ribu pekerja migran Indonesia dalam 5 tahun ke depan.

Kabar baik dari Menaker Ida Fauziyah yang menyampaikan kondisi ketenagakerjaan Indonesia tengah mengalami perbaikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News