Menaker Ida Ingin BLK yang Dikelola Pemda Memenuhi Industri

Menaker Ida Ingin BLK yang Dikelola Pemda Memenuhi Industri
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah berharap dengan penyelarasan kebijakan desain program pelatihan akan meningkatkan tingkat kebekerjaan lulusan pelatihan. Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengukuhkan Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Industri Daerah (FKLPID) Jawa Barat periode tahun 2024–2027.

Sebanyak 70 Human Resource Development (HRD), dengan Anggota lebih dari 300 HRD Perusahaan di wilayah Jawa Barat dilantik.

"Saya berharap akan dapat juga mengawal percepatan pembentukan Tim Koordinasi Vokasi Daerah (TKDV) khususnya di wilayah binaan BBPVP Bandung sebagai implementasi Prepres 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi," ujar Menaker Ida Fauziyah di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/2/2024).

Dia mengapresiasi inisiasi BBPVP Bandung melakukan restrukturisasi kepengurusan forum FKLPID sebagai salah satu upaya mendekatkan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Selain itu, Menaker Ida berharap dengan penyelarasan kebijakan desain program pelatihan akan meningkatkan tingkat kebekerjaan lulusan pelatihan di DUDI.

“Kami ingin BLK yang ada dikelola pemerintah daerah mampu melaksanakan fungsi link and match dan mampu memenuhi industri,” katanya.

Dia meminta untuk selalu meningkatkan sinergitas antar stakeholders, harmonisasikan kebijakan serta selaraskan dengan local wisdom, sehingga masyarakat akan banyak diberdayakan di wilayah dan mencegah migrasi serta pemerataan tenaga kerja daerah.

"Sinergitas ini diharapkan dapat membantu terwujudnya keserasian hubungan antar susunan pemerintahan pusat dan daerah, serta tercapainya efisiensi dan efektifitas pemerintahan bidang ketenagakerjaan," ujarnya.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah berharap dengan penyelarasan kebijakan desain program pelatihan akan meningkatkan tingkat kebekerjaan lulusan pelatihan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News