Menaker Ida Meluncurkan Pembangunan BLK Komunitas Tahap I

Menaker Ida Meluncurkan Pembangunan BLK Komunitas Tahap I
Menaker Ida Fauziyah meluncurkan BLK Komunitas Tahap 1 2021. Foto: Kemenaker

jpnn.com, PASURUAN - Kementerian Ketenagakerjaan meluncurkan pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Tahap I Tahun 2021.

Peluncuran pembangunan ini ditandai dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerja Bersama Balai Latihan Kerja Komunitas Tahap I Tahun 2021, antara Kemenaker dengan lembaga penerima bantuan.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bahwa salah satu langkah konkrit Kemnaker dalam meningkatkan kompetensi SDM Indonesia adalah mendirikan BLK Komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Pendirian BLK Komunitas ini sebagai upaya penyebaran lembaga pelatihan kerja agar dapat diakses oleh masyarakat yang bertempat tinggal cukup jauh dari lokasi lembaga pelatihan kerja yang ada," kata Menaker Ida saat memberikan sambutan di Pasuruan, Jumat (27/8).

Menaker Ida menjelaskan program pendirian BLK Komunitas merupakan terobosan Presiden Joko Widodo yang telah dimulai sejak 2017.

Menurut dia pada 2020, Kemenaker telah mendirikan 2.127 BLK Komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Setelah dilakukan penyesuaian program dan anggaran, pada 2021 Kemenaker menargetkan akan mendirikan 787 BLK.

Adapun, pada tahap I tahun akan dibangun 520 BLK Komunitas. Sedangkan tahap II direncanakan sebanyak 267 lembaga.

Menaker Ida Fauziyah meluncurkan BLK Komunitas Tahap 1 2021 dan ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja bersama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News