Menaker Ida Resmikan BLK Komunitas Milik Serikat Pekerja

Menaker Ida Resmikan BLK Komunitas Milik Serikat Pekerja
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meresmikan BLK Komunitas milik Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) di Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (4/5). Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Masih dalam suasana Hari Buruh Internasional atau May Day tahun 2021, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meresmikan BLK Komunitas milik Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB).

Adapun BLK Komunitas SP/SB yang pertama kali diresmikan oleh Menaker Ida adalah BLK Komunitas milik Federasi Serikat Pekerja Panasonic Gobel (FSPPG) K-Sarbumusi di Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (4/5). BLK Komunitas ini memiliki program kejuruan teknik pendingin.

Menaker Ida menjelaskan BLK Komunitas bagi SP/SB adalah bagian dari perluasan penerima manfaat BLK Komunitas. Sebelumnya, program BLK Komunitas hanya diperuntukan bagi komunitas keagamaan.

“Dengan memperluas penerima program itu kepada basis SP/SB, maka persoalan rendahnya kompetensi dan daya saing dalam mengahadapi revolusi industri 4.0 bisa cepat kita atasi melalui dukungan dari teman-teman SP/SB," kata Menaker Ida.

Menaker Ida menjelaskan, program BLK Komunitas dimulai sejak 2017 dan menyasar lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekha, dan pasraman. Hingga saat ini sebanyak 2.127 lembaga BLK Komunitas telah didirikan.

Mulai tahun 2020, sasaran program ini diperluas dengan melibatkan SP/SB. Hal ini dikarenakan SP/SB merupakan komunitas yang lekat secara langsung dengan tugas, fungsi, dan peran Kementerian Ketenagakerjaan.

"Agar SP/SB menjadi bagian penting peningkatan SDM melalui pembangunan BLK Komunitas,” ujar Menaker Ida.

Menaker Ida mengatakan, berdirinya BLK Komunitas ini tidak lepas dari peran manajemen Panasonic Gobel dan FSPPG dalam membangun hubungan industrial yang harmonis dan kondusif.

Program BLK Komunitas dimulai sejak 2017 dan menyasar lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekha, dan pasraman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News