Menaker Ida Turunkan Tim Investigasi untuk Usut Kerusuhan di Morowali Utara

Menaker Ida Turunkan Tim Investigasi untuk Usut Kerusuhan di Morowali Utara
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah akan menurunkan tim investigasi untuk mengusut kurusuhan yang terjadi di PT Gombuster Nickl Industri (GNI). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah akan menurunkan tim investigasi untuk mengusut kurusuhan yang terjadi di PT Gombuster Nickl Industri (GNI) di desa Bunta, Petasia Timur, Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Sabtu (14/1/2023) malam.

Menurut dia, tim investigasi itu dari unsur pengawas ketenagakerjaan, mediator, dan pengantar kerja ke lokasi  PT GNI.

"Tim Kemnaker akan terus melakukan pendampingan kepada tim Pengawas Ketenagakerjaan Daerah untuk penanganan masalah permasalahan yang terjadi," kata Menaker Ida.

Dia juga menyatakan prihatin atas kerusuhan yang berakhir aksi anarkis  di lokasi

Kericuhan pekerja di perusahaan tambang nikel tersebut menyebabkan meninggalnya pekerja di lokasi proyek.

"Kemnaker ikut berduka atas aksi anarkis yang menyebabkan korban jiwa dalam kejadian tersebut, " tuturnya.

Dia menyatakan telah melakukan koordinasi intensif dengan jajaran Disnaker Kabupaten Morowali Utara dan Disnaker Provinsi Sulawesi Tengah untuk mengetahui penyebab terjadinya aksi anarkis. 

"Kami secara intensif terus koordinasi dengan Disnaker provinsi Sulawesi Tengah dan Disnaker Kabupaten Morowali Utara dan meminta kedua pihak, yakni perwakilan Serikat Pekerja Nasional (SPN) dan PT GNI segera melakukan mediasi untuk menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan, " ujarnya.  

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah akan menurunkan tim investigasi untuk mengusut kurusuhan yang terjadi di PT Gombuster Nickl Industri (GNI).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News