Soal Kerusuhan di PT GNI Morowali Utara, Menaker Ida: Kami Tetap Lakukan Penelusuran

Soal Kerusuhan di PT GNI Morowali Utara, Menaker Ida: Kami Tetap Lakukan Penelusuran
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan sangat prihatin atas unjuk rasa yang berakhir aksi anarkis di PT GNI Morowali, Sulawesi Tengah. Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan sangat prihatin atas unjuk rasa yang berakhir aksi anarkis di PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) di Desa Bunta, Petasia Timur, Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Sabtu (14/1) malam.

PT GNI adalah perusahaan industri smelter nikel Indonesia di Morowali, Sulawesi Tengah Indonesia.

Kericuhan pekerja di perusahaan tambang nikel tersebut menyebabkan meninggalnya pekerja di lokasi proyek.

"Saya sangat prihatin dan ikut berduka atas aksi anarkis yang menyebabkan korban jiwa dalam kejadian tersebut," ujar Menaker Ida dalam siaran Pers Biro Humas Kemnaker, di Jakarta, Senin (16/1).

Dia menyatakan pihaknya telah melakukan koordinasi intensif dengan jajaran Disnaker Kabupaten Morowali Utara dan Disnaker Provinsi Sulawesi Tengah untuk mengetahui penyebab terjadinya aksi anarkis.

"Kami meminta kedua pihak yakni perwakilan Serikat Pekerja Nasional (SPN) dan PT GNI segera melakukan mediasi untuk menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan," ujarnya.

Dia mengungkapkan dari informasi yang dihimpun, kericuhan disebabkan terkait permasalahan ketenagakerjaan yang dituntut oleh perwakilan SPN, di antaranya tuntutan soal K3, pengupahan, dan PHK.

Sehingga anggapan bahwa kerusuhan itu dipicu oleh keberadaan tenaga kerja asing tidaklah benar.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan sangat prihatin atas unjuk rasa yang berakhir aksi anarkis di PT GNI Morowali, Sulawesi Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News