Menaker Ingin Serikat Pekerja untuk Berinvestasi SDM

Menaker Ingin Serikat Pekerja untuk Berinvestasi SDM
Menaker Hanif Dhakiri Workers Institute of Technology (WIT) dan UNI Malaysia Labour Centre (UNI MLC) . Foto: Kemnaker

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mendorong seluruh stakeholder ketenagakerjaan, termasuk Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) untuk investasi SDM. Menurutnya, upaya penciptaan SDM kompeten dalam jumlah besar membutuhkan partisipasi seluruh pihak.

Hal tersebut disampaikan Menaker saat bertemu dengan Workers Institute of Technology (WIT) dan UNI Malaysia Labour Centre (UNI MLC) dalam rangkaian kunjungan kerja ke Malaysia di Kuala Lumpur (6/7) waktu setempat.

"Kami ingin mendorong UNI MLC bisa ikut memberikan pemahaman kepada teman-teman serikat buruh di Indonesia tentang pentingnya semacam sekolah yang ada di bawah serikat pekerja," kata Menteri Hanif.

Menaker menyatakan, saat ini Indonesia memiliki 21 Balai Latihan Kerja (BLK) Pemerintah di bawah pembinaan langsung Kementerian Ketenagakerjaan atau Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) yang tersebar di 13 provinsi.

BACA JUGA: Hingga 2019, Kemnaker Bangun 402 Desmigratif

Menaker menilai, jumlah tersebut masih sangat kurang. Meskipun secara keseluruhan, jumlah BLK yang dioperasikan pemerintah pusat dan pemerintah daerah baru sekitar 305 BLK. Bahkan jika ditambahkan dengan training center industri dan LPK Swasta, kapasitas pelatihan pun masih kurang. "Tentu ini membutuhkan keterlibatan dari semua pihak," jelas Menaker.

Menaker berharap, SP/SB di Indonesia dapat mencontoh UNI MLC. Dimana mereka juga terlibat dalam pembangunan SDM. "Di Indonesia sejauh yang saya tahu, tidak ada," terangnya.

Pertemuan Menaker dengan WIT dan UNI MLC dalam rangka sharing informasi terkait keterlibatan Pemerintah, Pengusaha, Serikat Pekerja dalam mengembangkan pelatihan vokasi di Malaysia. Selain itu juga dilakukan sharing informasi pembentukan WIT di Malaysia, meliputi kelembagaan dan tata kelola; sumber pendanaan. Keterlibatan dan Share responsibilities antara Pemerintah, Pengusaha, dan Serikat Pekerja dalam WIT.

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mendorong seluruh stakeholder ketenagakerjaan, termasuk Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) untuk investasi SDM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News