Menaker: Produktivitas Naker Indonesia Terus Meningkat

Menaker: Produktivitas Naker Indonesia Terus Meningkat
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri saat menyampaikan kata sambutan dalam acara penganugerahaan Paramakarya 2017 di Kemnaker, Jum’at (8/12). Foto: Kemnaker for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Hasil pengukuran produktivitas nasional regional, dan sektoral yang dilakukan Kementerian Ketenagakerjaan melalui kerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan produktivitas tenaga kerja (naker) di Indonesia selama periode 2011-2015 terus mengalami peningkatan. Produktivitas setiap tenaga kerja pada 2015 mencapai Rp 78,18 juta per tahun atau  meningkat 4,62 persen dibanding tahun sebelumnya.

Demikian disampaikan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri saat memberikan laporan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam acara penganugerahaan Paramakarya tahun 2017 di Kemnaker, Jumat (8/12). Hadir dalam kesempatan itu antara lain Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, serta para gubernur, bupati dan wali kota  dari daerah asal perusahaan penerima anugerah Paramakarya 2017.

Terkait upaya peningkatan produktivitas tenaga kerja di Indonesia, Menteri Hanif mengatakan gerakan produktivitas dan daya saing harus digelorakan kembali bukan hanya oleh dunia usaha tapi juga dunia pendidikan, institusi pemerintah dan organisasi lain secara terus menerus.

“Tingkat produktivitas tenaga kerja harus ditiingkatkan dengan cara memperbaiki diri untuk menerapkan prinsip-prinsip efektivitas, efisiensi, kualitas, dan ramah lingkungan dalm berpikir, bertindak, dan berkarya, “ katanya.

Menteri Hanif juga menyinggung pentingnya memacu efektivitas, efisiensi, kualitas dan ramah lingkungan dalam berpoduksi. Bahkan jika memungkinkan harus digerakkan secara nasional untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta untuk menyejajarkan Indonesia dengan negara-negara lainnya. 

“Dan perusahaan yang berhasil meningkatkan produktivitasnya sebagaimana yang hadir pada saat ini perlu dipacu terus dan ditularkan agar jumlahnya semakin banyak dan menyebar ke seluruh nusantara, “ kata Menteri Hanif.

Hanya saja Menteri Hanif juga mengatakan, meskipun tingkat produktivitas tenaga kerja tanah air terus naik tapi bila dibandingkan dengan kondisi di negara-negara lain di ASEAN,  Indonesia berada di bawah Singapura, Malaysia dan Thailand. Bahkan dibandingkan dengan Jepang, pekerja di Negeri Sakura itu mampu menciptakan output hampir empat kali lipat dari nominal uang yang dihasilkan di Indonesia dengan durasi yang sama. 

“Kita perlu terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar kompetensi kerja terus meningkat dan pada akhirnya mendukung produktivitas. Upaya peningkatan kualitas SDM bisa dilakukan dengan pelatihan kerja di Balai Latihan kerja dan program pemagangan, “ kata Hanif.

Menaker Hanif Dhakiri menyatakan bahwa tingkat produktivitas tenaga kerja di Indonesia terus menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News